Sabtu, 29 Oktober 2011

Cerdas Memilih Bisnis Affiliasi Affiliasi (Affiliate Business)


Cerdas Berbisnis Affiliasi Affiliasi (Affiliate Business)

Banyak yang mencari bisnis afiliasi di internet, karena bisnis affiliasi menjanjikan keuntungan dengan pekerjaan yang santai. Apalagi buat kamu yang suka dengan peluang bisnis internet / bisnis di internet pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “bisnis Afiliasi”.

Bisnis affiliasi (Affiliate Marketing) adalah suatu usaha untuk mempromosikan produk atau layanan milik orang lain, dan apabila terjadi transaksi sesuai dengan aturan yang disepakati, maka kita akan mendapat komisi. Pada awalnya, bisnis affiliasi memang terbatas pada kegiatan mempromosikan barang dagangan milik orang lain, dan apabila ada orang yang membeli melalui referensi kita, maka kita akan mendapatkan ‘tips’ dari transaksi yang terjadi. Namun dengan pesatnya perkembangan bisnis internet, maka bisnis affiliasi turut berevolusi sehingga tidak lagi terbatas pada proses menjual saja.

Bisnis affiliate atau yang lebih dikenal dengan affiliate marketing sebenarnya merupakan salah satu jenis dari bisnis online di Internet. Affiliate marketing memungkinkan pelakunya untuk mendapatkan penghasilan yang cukup menggiurkan. Kenapa saya bisa bilang begitu? Karena pelaku dari bisnis affiliate ini tidak diperlukan modal sedikitpun, mereka hanya perlu menawarkan barang/ dagangan yang dipunyai oleh affiliate merchant (orang atau perusahaan yang memiliki produk atau jasa yang dipasarkan melalui program affiliate). Selanjutnya orang yang memasarkan produk/jasa melalui jaringan affiliasi ini disebut dengan affiliate marketer. Affiliate marketer akan mendapatkan komisi ketika ia berhasil menjual produk/jasa dari affiliate merchant.






PENGENALAN BISNIS AFFILIASI
Affiliasi bisnis adalah sebagian dari banyak cara yang digunakan atau dicari para pelaku bisnis online (pebisnis online) dalam mencari atau meraup uang dollar / Rupiah yang banyak melalui internet.

Sebenarnya apa sih arti / pengertian bisnis affiliasi tersebut?
Bisnis Affiliasi atau dalam bahasa Ingrisnya disebut dengan Affiliate Business, secara letter lex nya dapat diterjemahkan dengan bisnis bergabung atau bisnis gabungan.

Pemahaman sederhananya, yaitu anda bergabung menjadi rekan bisnis pada suatu perusahaan bisnis affiliasi yang selanjutnya, anda dapat menjual apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan bisnis affiliasi tersebut secara online dengan mendapatkan komisi penjualan sesuai dengan kesepakatan kerja.

Cara Bergabung di Bisnis Affiliasi
Beberapa perusahaan bisnis affiliasi menerapkan metode pendaftaran untuk bergabung secara gratis alias free pendaftaran, namun beberapa di antaranya ada yang menerapkan pendaftaran dengan cara pembayaran.

Contoh Bisnis Affiliasi
Beberapa contoh bisnis yang dapat dilakukan melalui sistem bisnis affiliasi seperti: bisnis forex online, perusahaan jasa hosting, jual ebook online, pulsa online, dll.



Berikut ini merupakan istilah-istilah kata yang sering dipakai/ dilihat oleh kita ketika bergabung di program bisnis affiliate marketing.

Berikut daftar istilah yang saya ketahui :

1.PTC = Paid To Click
Artinya adalah kita dibayar apabila meng-klik dan melihat iklan-iklan yang di sediakan oleh situs affiliate yang mana sebelumnya kita sudah menjadi membernya.

2.PPC = Pay Per Click
Artinya kita akan dibayar apabila iklan yang telah dipasang di situs web / blog kita ada yang mengclicknya.

3.PPS = Pay Per Sale
Artinya kita mendapatkan bayaran/ komisi jikalau kita dapat menjual produk / jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan affiliate. System pembayarannya adalah bagi hasil/ kita mendapatkan persentase dari harga produk/ jasa tsb. Dalam hal ini kita sebagai resellernya, sebagai contoh perusahaan yang sangat terkenal adalah amazon.com

4.PPL = Pay Per Lead
Yang satu ini berarti kita akan mendapat bayaran apabila kita mampu merekrut seseorang lalu mengisi kotak form pendaftaran yang disediakan untuk menjadi member suatu perusahaan affiliate. Tapi syaratnya kita harus terlebih dahulu menjadi membernya.

5.CPC = Cost Per Click
Ini pengertiannya sama saja dengan PTC, yang mana artinya kita akan mendapatkan bayaran apabila iklan yang ada di web / blog kita ada yang mengkliknya. Jadi semakin banyak yang mengklik otomatis . contohnya yang paling terkenalsemakin tebal kantong anda.. hehe.. utk saat ini adalah Google Adsense.

6.CPM = Cost Per Million
Sepengetahuan saya sich ini menggunakan system Impression/ Page view, jadi kita akan dibayar apabila iklan yang terpasang di web/ blog kita telah mencapai 1000 X di tampilkan.



Cara Kerja Bisnis affiliate

- Untuk menjadi affiliate marketer, seseorang harus mendaftar terlebih dahulu kepada affiliate merchant yang menawarkan program affiliate secara online. Contoh affiliate merchant yaitu Asian Brain IMC

- Affiliate marketer yang telah terdaftar dalam jaringan bisnis affiliate akan mendapatkan affiliate link yang berfungsi sebagai sarana promosi. Tugas dari affiliate marketer adalah mempromosikan link ini kepada sebanyak-banyaknya pengunjung internet.

- Cara untuk mempromosikannya sangatlah mudah. Affiliate link yang didapatkan tinggal ditempatkan pada blog, situs, email signature, atau bahkan pada status facebook, selama hal tersebut tidak melanggar affiliate agreement yang telah disetujui ketika mendaftar pada affiliate merchant.

- Ketika ada seseorang yang mengklik affiliate link tersebut dan melakukan pembelian maka affiliate marketer akan mendapatkan komisi dari penjualan produk/jasa tersebut. Transaksi terjadi antara pembeli dan affiliate merchant. Sementara affiliate marketer hanya bertugas memperkenalkan produk/jasa tersebut melalui affiliate link yang dimilikinya.

- Tapi perlu diingat, affiliate marketer akan mendapatkan komisi apabila pembeli benar-benar membeli baraang/jasa yang dimiliki oleh affiliate merchant, bukan hanya mengklik link affiliate saja. Jadi seorang affiliate marketer juga harus mempunyai pemahaman tentang marketing.

Sekarang waktunya Take Action….. Talk Less Do More…. Jika ingin benar-benar tahu apa itu Affiliate Marketing / Bisnis Affiliasi….. Coba luangkan waktu Anda sejenak melihat dan registrasi di situs ini :



Tak selalu harus promosi di internet. Anda bisa manfaatkan aktivitas offline anda untuk menyukseskan bisnis anda. Ini penting, mengingat mungkin sebagian besar dari kita lebih banyak menghabiskan waktu untuk aktivitas offline.

Jangan pernah punya anggapan bahwa anda bisa sukses di bisnis online hanya dalam semalam. Tidak akan pernah ada sebuah kesuksesan muncul dengan tiba-tiba. Anda harus punya komitmen untuk maju.

Tanpa promosi anda tidak akan memperoleh pengunjung. Tanpa pengunjung tidak akan ada pembelian. Tanpa pembelian maka tak akan ada income. Tidak ada income maka bisnis anda tinggal menghitung hari menuju wafat.

Jangan bimbang segera mulai action. Lakukan sekarang juga. Jangan pernah berpikir anda tidak bisa menjangkau target anda. Anda harus memiliki keyakinan bahwa anda mampu melakukan semua cara yang memungkinkan.

Ciptakan dan ikuti target bisnis anda. Target dalam jangka pendek adalah segera menciptakan kesuksesan dimasa kini, sedangkan target jangka panjang adalah membuat masa depan yang sukses gemilang.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar