Kamis, 20 Oktober 2011

Belajar titik pijat refleksi (Refleksologi)


BELAJAR PIJAT REFLEKSI TANGAN DAN KAKI

Ternyata untuk sehat tidak perlu mahal kok. Ini terbukti hanya dengan kebiasaan sering meminjat di telapak kaki bisa memperlancar peredaran darah di tubuh kita. Hal ini disebutkan dalam buku Little Book Footcare, buku tersebut bisa kamu cari dan download di google.

Sesibuk apapun, kita masih bisa kok melakukan pijatan-pijatan di telapak kaki sehingga kalau ini rutin kita lakukan tentu akan membantu kesegaran tubuh kita. So, tidak perlu manggil-manggil tukang pijat refleksi kan? Berikut ini ada gambar telapak kaki dengan daerah-daerah pijatan sesuai dengan organ tubuh kita, gambar ini saya ambil dari buku tersebut diatas.

REFLEKSOLOGI (PIJAT REFLEKSI) adalah sebuah metode pengobatan alternatif yang melibatkan praktek memijat atau tekanan pada bagian-bagian kaki, atau kadang-kadang tangan dan telinga, dengan tujuan mendorong efek yang menguntungkan pada bagian lain dari tubuh, atau untuk memperbaiki umum kesehatan (zona terapi).

Pijat refleksi merupakan seni penyembuhan alami didasarkan pada prinsip bahwa adanya refleks di seluruh tubuh yang berhubungan dengan setiap bagian, kelenjar dan organ tubuh. Melalui tekanan (pijatan) pada daerah refleks ini dengan mupun tanpa menggunakan alat bertujuan mengurangi ketegangan, meningkatkan sirkulasi dan membantu meningkatkan fungsi organ tubuh yang terkait.

Pijat refleksi merupakan ilmu yang mempelajari ilmu tentang pijat di titik-titik tubuh tertentu. Pijat ini dilakukan dengan alat tangan dan benda-benda lain berupa kayu, plastik, atau karet. Praktisi pijat ini mempunyai pengetahuan tentang saraf-saraf manusia, dan masih berhubungan dengan pengobatan tusuk jarum.

Pengobatan ini banyak dijumpai di tempat-tempat pijat relaksasi dan toko-toko sinshe. Umumnya pengobatan yang dilakukan adalah untuk penyakit-penyakit yang sering dijumpai di kehidupan sehari-hari, seperti: sakit jantung, sakit lambung (pencernaan), penyakit kulit, patah tulang, dll.

Pijat refleksi merupakan ilmu yang mempelajari ilmu tentang pijat di titik-titik tubuh tertentu. Terapi pijat refleksi dapat memberikan efek relaksasi. Pemijatan akan memberikan rangsangan yang mampu memperlancar aliran darah dan cairan tubuh. Hasilnya, sirkulasi penyaluran nutrisi dan oksigen ke sel-sel tubuh menjadi lancar tanpa ada hambatan sedikit pun.

Lebih lanjut, sirkulasi aliran darah yang lancar itu akan memberikan efek relaksasi dan kesegaran pada seluruh anggota tubuh. Tubuh mengalami kondisi keseimbangan. Inti terapi pijat refleksi terletak pada pengaktifan refleks pada bagian yang dipijat yang berhubungan dengan bagian-bagian tubuh lainnya.

Karena itu, pemahaman tentang simpul-simpul syaraf. Letak titik-titik syaraf pada tubuh harus diketahui dengan baik dan benar. Misalnya, posisi syaraf kaki yang menghubungkan dahi kanan terletak pada ujung jari kaki kiri. Sementara titik syaraf kaki yang menghubungkan organ kandung kemih berada pada kedua telapak kaki bagian sisi dalam.

Harus pula diingat, terapi pijat refleksi kaki mesti dilakukan secara menyeluruh. Artinya, pemijatan tidak hanya pada satu titik syaraf telapak kaki tertentu saja. Proses penanganan kasus telinga berdenging misalnya, tidak hanya menekan titik syaraf kaki yang berhubungan dengan telinga. Pemijatan titik syaraf telapak kaki yang berhubungan dengan organ kepala, ginjal, dan kelenjar getah bening juga mesti dilakukan. Apakah terapi ini memiliki efek samping? terapi ini tidak memiliki efek samping selama dilakukan secara baik dan sesuai petunjuk.

Pijat refleksi termasuk salah satu metode penyembuhan atau terapi kesehatan yang tidak menimbulkan efek samping. Metode pijat refleksi adalah memijat atau menekan titik refleksi pada kaki atau tangan. Pemijatan atau penekanan titik refleksi ini bertujuan untuk merangsang saraf-saraf yang berhubungan dengan organ tubuh yang sakit atau mengalami gangguan.

Titik-titik refleksi sebenarnya terdapat di seluruh tubuh. Peredaran darah ke seluruh tubuh melalui jalur saraf berhubungan dengan seluruh organ tubuh. Jalur saraf tersebut ada yang melewati kaki dan tangan. Pada daerah kaki dan tangan, terdapat serabut-serabut saraf yang menjadi titik-titik refleks.
Titik-titik refleksi pada kaki atau tangan akan memberikan rangsangan secara refleks (spontan) pada saat dipijat atau ditekan. Rangsangan tersebut akan mengalirkan semacam gelombang kejut atau listrik menuju otak. Gelombang tersebut diterima otak dan diproses dengan cepat, lalu diteruskan menuju saraf pada organ tubuh yang mengalami gangguan.

Salah satu penyebab organ tubuh mengalami gangguan atau sakit adalah adanya penyumbatan aliran darah menuju organ tersebut. Saat titik refleks dipijat atau ditekan, gelombang yang merambat akan menghancurkan atau memecah penyumbatan tesebut sehingga aliran darah akan kembali lancar.

Titik-Titik Refleksi pada Kaki
Titik-titik refleksi pada kaki tersebar di seluruh bagian kaki. Ada yang dibagian bawah (telapak kaki), punggung kaki, dan bagian samping kaki. Titik refleksi pada kaki kanan dan kaki kiri semua berhubungan dengan sistem peredaran darah yang mengalir pada organ-organ tubuh.

Untuk orang yang berpengalaman (ahli pijat refleksi) dapat mengetahui keluhan atau gangguan pada orang dilihat dari telapak kaki atau tangan. Pada bagian telapak kaki atau tangan, terlihat gejala seperti bengkak, kulit kuku berwarna gelap, dan pada saat dipijat atau ditekan akan terasa sakit luar biasa.

1. Titik Refleksi pada Kaki bagian Bawah (Telapak)
Titik-titik refleksi pada telapak kaki berhubungan dengan seluruh organ tubuh. Titik-titik refleksi dibagi menjadi bagian bawah jari-jari, telapak bagian depan, telapak bagian tengah, dan telapak bagian belakang.

1. Titik refleksi pada bagian bawah jari-jari kaki berhubungan dengan organ otak, dahi, hidung, leher, mata, dan telinga.
2. Titik refleksi pada telapak bagian depan berhubungan dengan bahu, pundak (otot trapezius), kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, dan paru-paru.
3. Titik refleksi pada telapak bagian tengah berhubungan dengan lambung, usus 12 jari, pankreas, kelenjar adrenalin, ginjal, jantung, usus besar, dan limpa.
4. Titik refleksi pada telapak bagian belakang berhubungan dengan ureter (saluran kencing), usus kecil, kandung kemih, rektum, anus, lutut, insomnia, dan kelejar reproduksi.

2. Titik Refleksi pada Punggung Kaki
1. Titik-titik refleksi pada punggung kaki bagian depan berhubungan dengan kelenjar getah bening, organ keseimbangan, dada, sekat rongga dada dan perut, amandel, rahang, dan saluran pernapasan.
2. Titik refleksi pada punggung kaki bagian belakang dan samping berbuhubungan dengan bahu, lutut, indung teluratau testis, sendi pinggul, tulang tungging, tulang belikat, sendi siku, tulang rusuk, dan pinggul.

3. Titik Refleksi pada Kaki Bagian Samping Dalam
1. Titik refleksi pada kaki bagian depan berhubungan dengan hidung, leher, kelenjar paratiroid, dan punggung.
2. Titik refleksi pada kaki bagian belakang berhubungan dengan pinggang, kandung kemih, kelangkang, tulang paha, kelenjar getah bening, rahim, prostat, tulang rusuk, dan dubur.


Meridian adalah jalur lalu lintas energi dalam tubuh. Dan sebagaimana lalu lintas, pada meridian ada jalur/jalan, ada hambatan, ada persimpangan, ada titik awal, ada titik akhir dan sebagainya. Jika jalan energi pada meridian lancar, maka akan tercipta keharmonisan dalam tubuh, dan tubuh kita mampu melawan penyakit, sebaliknya jika terjadi hambatan pada meridian maka akan muncul gangguan kesehatan.

Yang membedakan meridian dengan jaringan lain dalam tubuh adalah jaringan darah dan syaraf dapat terlihat oleh mata, sedangkan jaringan meridian tidak terlihat walaupun nyata. Dalam ilmu kedokteran modern, rahasia teori jalur energi meridian ini masih belum terungkap karena saat ini belum ada alat yang bisa mendeteksinya, akan tetapi teori ini sudah dibuktikan manfaatnya selama ribuan tahun.

Fenomena teori meridian mungkin sama dengan keberadaan nyawa pada mahluk hidup. Keberadaan nyawa sangat penting bagi kehidupan tapi belum ada yang bisa mengungkap rahasia keberadaannya. Jadi Keberadaan meridian belum dapat dibuktikan secara fisik menurut ilmu kedokteran, walaupun riset telah menunjukkan bagaimana transmisi dari informasi dari chi dapat berhubungan di bagian-bagian internal manusia.

Menurut ilmu tradisional cina didalam tubuh kita terdapat 12 jalur Meridian, yang masing-masing berhubungan dengan organ ditubuh kita. 6 Meridian melewati tangan kita, yaitu meridian paru-paru, jantung, selaput jantung, usus besar, usus kecil dan meridian tripemanas.

1. Meridian paru-paru.
Dimulai dari titik disisi luar atas ibu jari tepat dibawah kuku ibu jari. Melintasi gunung-gunung jempol. Jalur ini berhubungan dengan paru-paru dan saluran pernafasan. Bila dipijat terasa sakit berarti si penderita terkena flu, asma, infeksi saluran dan lain-lain. Bila ibu jari kanan yang sakit, berarti organ pernafasan yang kanan sedang sakit. Begitu pula sebaliknya.

2. Meridian jantung.
Di mulai dari titik yang terletak dibawah kuku kelingking sebelah dalam. Melintasi gunung-gunung dibawah jari kelingking. Jalur ini berhubungan dengan jantung dan peredaran darah. Bila dipijit sakit berarti penderita terkena penyakit ginjal atau penyakit yang berhubungan dengan ginjal, ngompol, rasa tidak enak dalam dada, berdebar-debar, pusing, pikiran tegang.

3. Meridian selaput jantung
Dimulai dari titik yang terletak dibawah kuku jari tengah melintasi telapak tangan bagian tengah. Jalur ini mempengaruhi kegiatan jantung, peredaran darah, usus kecil. Bila dipijit sakit berarti pasien dalam keadaan gelisah, sakit mulut, sakit perut, juga sakit kelainan pada limpa.

4. Meridian usus besar
Dimulai dari titik yang terletak dibawah kuku jari telunjuk melewati pungggung tangan. Bila dipijit sakit berarti pasien menderita sistem pencernaan yang kurang baik, pundak dan bahu terasa nyeri, sakit kepala depan, sakit dipinggang, bokong dan paha.

5. Meridian usus kecil
Dimulai dari titik yang terletak dibawah kuku jari kelingking sebelah luar melewati punggung tangan sebelah luar. Jalur ini berhubungan dengan usus kecil. Bila dipijit sakit berarti pasien mengalami sembelit, sakit dibagian perut, sakit bagian kepala belakang, nyeri lengan.

6. Meridian tri pemanas
Dimulai dari titik yang terletak dibawah kuku jari manis. Mengatur sistem lymfe dan sistem hormonal. Bila titik dijalur ini dipijat sakit berarti menderita suhu badan yang panas atau dingin, migrain, nyeri dada, kolik kandung empedu.


Titik Pijat Refleksi Penyembuhan – Terapi Cara Pijat Refleksi – pijatan untuk penghilang sakit baik tradisional maupun modern yang penting adalah hasilnya, refleksi mau di kaki, kepala, tangan, punggung dan organ lainnya yang penting titik refleksi di sentuh niscaya akan membuahkan sesuatu yang baik sesuai keinginan.

- Titik pijat antara mata : Jari tengah dan ibu jari bekerja sama untuk melakukan pemijatan secara perlahan mulai dari atas hidung di antara kedua mata dengan gerakan menarik keatas dan lekukan memutar hingga ke ujung alis sebelah luar. Lakukan secara berulang-ulang.

- Rasa pegal pada tumit seringkali muncul setelah bekerja, apalagi jika Anda mengenakan sepatu tumit tinggi. Dengan pijatan rasa pegal dan nyeri di sekitar kaki bisa diatasi.

- Pijatan pada kaki juga bisa meningkatkan sirkulasi darah pada kaki. Hal ini bisa mengurangi rasa nyeri di sekitarnya.

- Titik pijat otot temporalis : Daerah pelipis termasuk dalam bagian otot temporalis. Lakukan pemijatan dengan menggunakan jari telunjuk dan tengah di bagian itu.

- Pijat sangat baik untuk drainase limfatik. Pijatan membantu mengeluarkan racun dan sampah keluar tubuh, dan hal ini membuat tubuh lebih segar.

- Titik pijat di belakang telinga : Tidak banyak yang tahu bahwa titik di belakang telinga sensitif untuk merasakan pemijatan yang berhubungan dengan kepala. Gunakan ibu jari untuk memijat secara lembut di tulang besar yang ada di balik telinga. Lakukan berulang-ulang dengan gerakan jari memutar.

- Di daerah kaki terdapat ribuan titik pusat syaraf. Jika Anda tahu letak dan fungsinya maka rasa sakit yang timbul di organ tertentu bisa dikurangi dengan pijatan pada kaki atau sering disebut refleksiologi.

Untuk mengetahui lebih jelas dan tepat cara pijat refleksi, bisa Anda lakukan dengan cara:

- membeli buku pijat refleksi dan mempelajari serta mempraktekkannya setiap hari
- mengalami dan merasakan sendiri dipijat refleksi oleh terapist pijat refleksi di tempat pijat refleksi
- belajar pijat refleksi di tempat yang mengadakan pelatihan pijat refleksi

Semoga artikle cara pijat refleksi tersebut bisa bermanfaat untuk anda.
Selamat mencoba….


Pijat, pijit, kusuk, massage, refleksi, reflexology, refleksiologi, ahli, pijat, titik, kaki, tangan, meridian, belajar, pelatihan, ilmu, sehat, murah, gratis, belajar pijat refleksi, cara pijat refleksi, pijat refleksi, pijat refleksi kaki, pijat refleksi kepala, pijat refleksi punggung, pijat refleksi tangan, titik pijat refleksi



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar