Sabtu, 12 Maret 2011

TIPS SEPUTAR MENJAHIT PAKAIAN DAN PERAWATAN MESIN JAHIT



TIPS SEPUTAR MENJAHIT PAKAIAN DAN PERAWATAN MESIN JAHIT

TIPS MENJAHIT PAKAIAN YANG BAGUS

Sebelum Anda membuat sebuah pakaian sendiri, ingatlah beberapa tips berikut :

1. Pilihlah model pakaian yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini (misal : pakaian untuk ke kantor atau ke pesta atau pakaian sehari-hari), lalu carilah model pakaian yang sesuai dengan selera dan kondisi tubuh Anda (tinggi, pendek, gemuk, atau langsing).

2. Cari bahan pakaian yang sesuai dengan model yang Anda pilih, misal :

- blazer atau jas dan pantalon untuk ke kantor : pilih bahan yang terbuat dari katun tebal atau semi wol sehingga tampak rapi saat dijahit dan digunakan. Perhatikan warna dan serat bahan.

- gaun malam untuk ke pesta : pilih bahan yang lebih ringan, melayang dan berkesan mewah, berwarna sedikit mencolok atau mengkilat misalnya bahan satin atau sutra warna emas. Perhatikan corak bahan.

- blus untuk sehari-hari : pilih bahan katun atau kaos yang menyerap keringat, berwarna terang atau gelap tidak masalah, asalkan tidak terlalu glamour atau berkesan kaku jika digunakan. Perhatikan sifat bahan, terlalu lentur atau terlalu kaku.

3. Buatlah pola sesuai dengan model yang Anda pilih. Hati-hati dengan model pakaian pas badan atau longgar saat membuat pola. Pola harus dibuat sesuai dengan model pakaian.

4. Saat menjahit, perhatikan arah serat kain dan sifat kain. Jika kain sulit untuk dijahit tentu Anda perlu lebih berhati-hati saat menjahitnya. Jika tidak, maka bahan bisa berkerut atau jarum mesin dapat patah jika bahan terlalu kaku.

5. Setelah pakaian selesai dijahit, jangan lupa perhatikan tahap akhir yaitu mengamati kembali apakah masih ada sisa benang jelujur yang tertinggal, atau kancing yang belum terpasang, dan lain sebagainya. Bila Anda menemukan sesuatu yang belum beres, segera rapikan dan perbaiki kekurangan yang ada, baru kemudian Anda dapat mencuci dan menggunakan baju baru yang sudah Anda buat sendiri.


TIPS DALAM MENGGUNAKAN MESIN JAHIT

Sebagian besar orang, pengguna mesin jahit, masih awam dengan peringatan – peringatan atau hal – hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan mesin jahit.

Bisa jadi karena enggan membaca buku petunjuknya secara mendetail atau buku petunjuknya dalam bahasa asing atau trainer–nya engan/lupa menjelaskannya atau alasan lainnya.

Karena alasan di atas, dalam posting ini kami menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan mesin jahit, mesin obras dan mesin bordir komputer portable.

Beberapa hal tersebut, kami rangkum dalam "tips dalam menggunakan mesin jahit", sebagai berikut:

1. Gunakan Stabiliser atau UPS yang tepat untuk mesin jahit digital atau mesin bordir komputer portable anda.
2. Selesai menggunakan mesin jahit atau mesin bordir, pastikan tombol power dalam keadaan OFF lalu lepaskan stekernya dari jala - jala listrik.
3. Jangan menggunakan mesin jahit atau mesin bordir jika didapatkan steker atau kabelnya dalam keadaan terkelupas atau rusak.
4. Selesai menggunakan mesin jahit, tutup mesin tersebut dengan hard cover atau putar handwheel-nya sehingga jarum masuk ke dalam needle plate. Karena jarum dapat melukai tubuh.
5. Rapihkan atau simpan kembali perlengkapan mesin jahit anda selesai menggunakannya, seperti: gunting, jarum mesin jahit, jarum pentul, dll.
6. Jangan menarik atau mendorong kain pada saat menjahit karena dapat mengakibatkan jarumnya patah. Saat menjahit bukanlah menarik atau mendorong kain tapi mengarahkan kain.
7. Pastikan tombol power-nya dalam keadaan OFF ketika kita memasukkan benang ke dalam lubang jarum, mengganti jarum, mengganti benang pada bobbin case, mengganti sepatu dan pekerjaan lainnya di sekitar jarum.
8. Jangan menggunakan mesin jahit dalam ruangan tertutup tanpa ventilasi udara.
9. Jauhkan tangan dari bagian mesin jahit yang bergerak.
10. Jangan menggunakan jarum yang tumpul.
11. Jangan memasukkan benda ke bagian mesin jahit yang terbuka karena bisa jadi akan menyebabkan mesin jahit menjadi macet.
12. Jangan memutar atau menekan suatu bagian pada mesin jahit jika dirasa keras atau sulit untuk diputar atau ditekan karena dapat mengakibatkan bagian tersebut menjadi retak/patah/rusak.
13. Letakkan mesin pada meja yang kuat dan kokoh sehingga mesin dalam keadaan stabil atau tidak banyak bergerak/bergetar saat digunakan.
14. Pastikan tegangan jala - jala listrik anda sesuai dengan tegangan listrik yang harus disuplai ke mesin jahit.
15. Jangan ijinkan mesin jahit sebagai mainan anak.
16. Jangan membersihkan body mesin jahit dengan thinner atau cairan sejenisnya.
17. Jangan meletakkan mesin jahit pada tempat yang terkena cahaya matahari secara langsung.
18. Pastikan tombol power mesin jahit dalam keadaan OFF ketika kita mengganti lampu mesin jahit.
19. Beberapa mesin jahit digital atau komputer dapat berjalan secara normal pada suhu ruangan 40 F sampai dengan 100 F.


TIPS MEMBELI DAN MERAWAT MESIN JAHIT UNTUK MENJAHIT BAJU

Sebagai seorang penjahit atau orang yang hobi menjahit, merawat mesin jahit adalah sebuah keharusan. Seperti halnya mesin mobil atau motor, mesin jahit juga harus dirawat, kalau perlu dilakukan tune up berkala.lubang oli

Berikut ini adalah sedikit tips dalam merawat mesin jahit supaya awet dan tidak cepat rusak :

1. Setelah selesai menjahit, segera bersihkan mesin jahit dari sisa-sisa benang atau potongan kain.untuk membersihkannya bisa menggunakan kuas kecil, kalau aku biasa menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot sisa-sisa kain yang masuk kedalam sela-sela meja mesin jahit.selain bermanfaat agar mesin tetap bersih, sisa-sisa potongan kain dan benang bisa menggangu kesehatan/pernapasan, khususnya bagi anak-anak loh.

2. Mesin jahit terdiri dari bagian-bagian yang sering bergerak dan saling bergesekan, untuk mencegah aus, berilah minyak khusus mesin jahit. Jangan gunakan sembarang minyak seperti minyak sayur sebab bisa menimbulkan karat dan kerusakan.khusus untuk mesin jahit multifungsi, biasanya ada tombol/knop yang bisa diputar-putar untuk memilih model jahitan, nah biasanya gigi-giginya perlu di olesi gemuk/vaseline supaya tidak cepat aus. Aku biasa meminyaki mesin jahit seminggu sekali.

3. Untuk komponen suku cadang mesin jahit biasanya jarang sekali rusak, tapi jika sudah saatnya diganti, segeralah di ganti/di servis atau hubungi distributor mesin jahit.misalnya pisau mesin obras yang sudah tumpul atau karet dinamo yang sudah getas/pecah-pecah dan mesin dinamo yang sudah lemah.bila tidak cepat diganti, akan mempengaruhi kualitas jahitan mesin tsb, misalnya potongan obras yang tidak bagus .

4. Nah kalau mesin jahit sudah rusak dan kita tidak bisa memperbaikinya sendiri, segera bawa ke tukang servis,atau bisa juga menghubungi tukang servis panggilan (distributor mesin jahit) .tapi sama halnya dengan dokter, ternyata tukang servis mesin jahit itu cocok-cocokan juga


http://www.tdwclub.com/member/go.php?r=7048&i=l0

http://www.tdwclub.com/member/go.php?r=6978&i=l0
http://tdwmastery.com/bm/?id=930
http://momoncomputer.blogspot.com/
http://penyewa-mobil-batam.blogspot.com/
http://agensi-batam.blogspot.com/
http://tralisbatam.blogspot.com/
http://landscapingbatam.blogspot.com/
http://kontraktorbatam.blogspot.com/
http://acbatam.blogspot.com/
http://gensetbatam.blogspot.com/
http://konsultanbatam.blogspot.com/
http://sedotinja.blogspot.com/
http://migrant-care.blogspot.com/
http://website-batam.blogspot.com/
http://perkantoran-batam.blogspot.com/
http://masjidbatam.blogspot.com/
http://pantiasuhanbatam.blogspot.com/


Tip, Tips, trik, tricks, menjahit, jahit, jahitan, sewing, course, kursus, pendidikan, pelatihan, akademi, sekolah, bordir, pola, pakaian, batam, barelang, kepri

1 komentar:

  1. Mencari mesin jahit berkualitas dengan harga murah. Kunjungi toko online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya. Regards : Fitinline..

    BalasHapus