Rabu, 20 April 2011

JASA ASURANSI ALAT BERAT / HEAVY EQUIPMENT DI PULAU BATAM - Hp 08566559633 / 081372150633






JASA ASURANSI ALAT BERAT / HEAVY EQUIPMENT DI PULAU BATAM - Hp 08566559633 / 081372150633

Asuransi Alat Berat

Sejalan dengan meningkatnya kegiatan ekonomi Indonesia terutama di sektor industri primer seperti di bidang perkebunan, pertanian, pertambangan serta di bidang konstruksi maka permintaan untuk alat berat setiap tahun semakin meningkat.

Sama dengan sebutannya, resiko yang dihadapinya juga berat, sehingga jika terjadi kecelakaan maka akibat dan nilai kerugian yang ditimbulkan juga sangat besar.

Untuk itu diperlukan manajemen resiko yang baik dan program asuransi yang berkwalitas agar terhindar dari kerugian yang besar. Untuk meminimalkan resiko kerugian yang dihadapi kami menwarkan program asuransi Alat berat( Heavy Equipment Insurance). Hal ini bias menjadipertimbangan bagi pihak-pihak yang mempunyai kegiatan bisnis di bidang alat berat seperti pemilik, operator, kontraktor, rental, distributor, bank, leasing,shipyard dan lain-lain.

Asuransi Alat Berat / Heavy Equipments (HE) Insurance memberikan jaminan ganti rugi terhadap tertanggung karena alat berat yang dipertanggungkan mengalami kerusakan dan (atau) kerugian karena kejadian yang disebabkan oleh risiko yang dijamin. Alat berat adalah alat yang digunakan untuk melakukan pekerjaan berat/sulit yang tidak mungkin atau tidak efektif jika dilakukan hanya dengan tenaga manusia.

Alat berat yang dapat diasuransikan
Yang dapat diasuransikan dalam asuransi ini adalah peralatan konstruksi, pertambangan batu-bara, pertambangan biji besi, timah, pertambangan batu, terminal container,shipyard, manufactur seperti: • Cranes • Wheel Loader • Excavator • Forklift • Vibrator • Dump Trucks • Grinda • Buldozer • dan lain-ain dari berbagai jenis dan varian.

Kondisi pertanggungan yang tersedia
- Comprehensive ( all risk) yang menjamin terhadap kerugian sebagian maupun
kerugian total
- Total loss only, yang hanya menjamin terhadap kerugian total saja ( 75%)

Risiko-risiko yang dijamin terdiri dari:
- Perils akibat mengantuk, pecah ban, kejatuhan benda lain, kejatuhan
batu, kejatuhan pohon, slip, overturning, kejahatan orang lain, jam,
pencuri, api, konsleting, aus, korosi, pemogokan/kerusuhan, perang,
radioaktif/nuklir, kesengajaan, salah pabrikan, bencana alam.

- Accident (kecurian, tabrakan, terperosok, terbakar, terbalik/terguling, rusak/penyok,
pecah saat dijalan raya, saat disewakan, saat pengiriman, operasi tidak benar, saat uji coba/pelatihan).

- Kerugian akibat : biaya recovery, biaya repair, biaya jasa, biaya spare part, biaya angkut,
biaya konsultan, biaya pajak. Consequence of loss, tanggung jawab terhadap pihak
ketiga, part sebagai penyebab accident, biaya peningkatan

Risiko-risiko yang tidak dijamin dalam HE Insurance:

Perils (huru-hara, perang, nuklir, uji coba, kondisi abnormal, kesengajaan dari tertanggung, dioperasikan oleh yang tidak punya ijin, kesalahan pabrikan, selama transportasi, selama pengangkutan, dioperasikan di jalan raya, di atas kapal, ponton atau alat berat lain, akibat bencana alam, ledakan sendiri, mechanical/electrical breakdown, selama disewakan atau dipinjamkan, digunakan tidak sesuai dengan fungsinya dan digunakan untuk proyek bawah tanah (underground)

Hal- hal penting yang perlu diperhatikan dalam asuransi HE ini adalah sebagai berikut:

Occupation/Kegunaan
Jenis kegiatan usaha sangat menentukan jaminan asuransi. Pada umumnya hampir semua jenis kegiatan yang lazim dilakukan dengan menggunakan alat berat bisa di asuransikan misalnya untuk pekerjaan perkebunan, pertanian, pertambangan baik untuk tambang batubara, emas, nikel, bijih besi, bauxite, timah dan lain-lain. Salah satu kegiatan tambang yang tidak bisa dijamin oleh sebagian besar perusahaan asuransi adalah kegiatan tambang di bawah tanah juga untuk kegiatan logging atau penebangan hutan . Untuk pertanggungan seperti berikut bisa diajukan ke perusahaan asuransi dengan mencantumkan adanya persyaratan tambahan seperti resiko sendiri (own risk) dan juga tariff premi yang lebih tinggi.

Untuk itu, saat permintaan asuransi diajukan informasi mengenai kegunaan alat harus disampaikan sesuai dengan kondisi yang sesungguhnya. Jika jenis kegiatan yang sesunggunya tidak sesuai dengan yang tercantum di dalam polis asuransi, pihak asuransi bisa menolak penggantian klaim jika terjadi.

Risk Location/Lokasi Kerja
Pada dasarnya asuransi alat berat berdasarkan “project location” yaitu dijamin hanya pada lokasi tertentu yang sudah disampaikan kepada perusahaan asuransi. Kalau unit dipindahkan ke lokasi lain maka jaminan asuransinya tidak serta-merta ikut berpindah. Kalau terjadi klaim pada saat unit berada di lokasi baru maka pihak asuransi bisa menolak penggantian klaim karena lokasi kejadian tidak sesuai dengan lokasi yang dilaporkan sebelumnya. Oleh karena itu tertanggung harus melaporkan setiap unit dipindahkan ke lokasi yang lain.

Salah satu lokasi kerja yang hampir dikecualikan oleh hampir semua perusahaan asuransi adalah pada saat bekerja di atas tongkang (barge) di lepas pantai. Jaminan untuk lokasi seperti ini harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari perusahaan asuransi dan biasanya dengan tambahan premi atau polis terpisah

Di samping itu ada pula resiko lain yang perlu menjadi perhatian yaitu resiko selama transportasi dari satu lokasi ke lokasi lain, misalnya jika unit terjatuh dari alat angkut karena truck terbalik, terbakar atau bertabrakan pada saat dipindahkan. Perlu pula dicatat bahwa perusahaan asuransi sama sekali tidak bisa menjamin resiko asuransi kalau unit dipindahkan tanpa sepengetahuan asuransi dengan menggunakan angkutan laut seperti tongkang, LCT dan lain-lain. Untuk itu perlu dijamin dengan polis asuransi Marine Cargo .

Period of Insurance/Masa Asuransi
Masa jaminan asuransi alat berat adalah 12 bulan atau 1 tahun sama dengan periode asuransi umum lainnya. Namun jika diminta jaminan asuransi bisa lebih lama atau kurang dari 12 bulan dengan perhitungan premi secara prorata.
Masa jaminan asuransi sangat penting diperhatikan karena jika terjadi kecelakaan setelah berakhirnya masa asuransi maka perusahaan asuransi tidak akan mengganti kerusakan yang timbul.Agar jangka waktu asuransi tidak terlewatkan maka pihak asuransi akan menerbitkan renewal reminder yang dikirimkan minimal 1 bulan sebelum masa asuransi berakhir. Kalau sudah diterima renewal notice segerah memberikan konfirmasi perpanjangan agar tidak ada celah waktu

Keterangan Interest Insured/Barang yang diasuransikan
Informasi mengenai alat yang diasuransikan harus sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Bisa saja terjadi kekeliruan pada saat melaporkan informasi unit yang diasuransikan. Misalnya kalau unit yang diasuransikan adalah Excavator maka di dalam polis asuransi harus tertulis Excavator bukan Dozer dan lain-lain sebagainya. Demikian juga rincian mengenai jenis, type, nomor mesin dan nomor seri harus sama antara yang ada di lapangan dengan yang tertulis di dalam polis asuransi. Kalau terdapat perbedaan maka perusahaan asuransi bisa saja menolak klaim yang terjadi dengan alasan bahwa informasi yang disampaikan tidak sesuai dengan kenyataan. Misalnya jika yang dilaporkan ke perusahaan asuransi adalah Excavator sedangkan kenyataannya yang mengalami kerusakan adalah Dozer maka perusahaan asuransi bisa menolak dengan alasan, kalau Dozer mungkin mereka dari dulu tidak mau menerima resikonya dengan alasan-alasan tertentu. Atau bisa juga terjadi jenis alatnya sama tapi nomor seri atau nomor mesin berbeda. Misalnya kesalahan di dalam menyebutkan nomor mesin, misalnya yang dituliskan di dalam polis asuransi adalah nomor mesin unit yang tidak mengalami kerusakan, sedangkan yang sebenarnya ingin diasuransikan adalah unit yang mengalami kerusakan itu. Pihak asuransi bisa saja menolak bahwa tertanggung mengklaim atas unit yang sebenarnya tidak diasuransikan sehingga ada unsur “fraud” atau kecurangan. Jadi perhatikan secara seksama pada saat melaporkan informasi atas unit-unit yang diasuransikan.

Sum Insured/Nilai Pertanggungan
Asuransi alat berat masuk ke dalam kelompok asuransi engineering, jadi “terms and condition” mengikuti ketentuan engineering insurance. Dasar nilai pertanggungan asuransi alat berat adalah New Replacement Value (NRP), yaitu nilai yang diperlukan untuk mendapatkan unit baru seperti barang yang diasuransikan. Misalnya jika 1 unit Excavator kelas 20 ton saat ini US$ 90,000 maka nilai yang diasuransikan adalah US$ 90,000 meskipun unit itu usianya sudah 5 tahun.

Jawaban dari pertanyaan itu antara lain adalah, asuransi alat berat itu kerugian yang bisa timbul berupa rusak sebagian (partial loss) dan rusak/hilang semua atau (total loss). Penggunaan nilai pertanggungan berdasarkan NRV lebih ditujukan untuk kerusakan partial loss. Sebagai contoh jika unit mengalami kerusakan pada bucket dan hydraulic system dimana kerugian yang terjadi katakan USD 25,000. Kalau nilai pertanggungan sudah sesuai dengan NRV maka perusahaan asuransi akan megganti seusai dengan nilai kerugian (setelah dipotong dengan resiko sendiri) dan tidak diberlakukan prorate.

Pembayaran Premi/Premium Payment Warranty
Premi asuransi merupakan ketentuan penting di dalam asuransi. Jaminan asuransi diberikan atas pembayaran premi, kalau premi asuransi belum dibayar maka pihak asuransi berhak menolak penggantian meskipun polis asuransi sudah diterbitkan. Ada masa tenggang waktu pembayaran premi yang berkisar 30 hari sejak konfirmasi jaminan asuransi diberikan. Jika pembayaran premi dilakukan setelah melewati masa waktu tenggang waktu maka jaminan asuransi menjadi tidak berlaku sehingga jika terjadi keruskan dan kehilangan setelah melewati masa itu pihak asuransi tidak akan memberikan penggantian. Oleh karena itu pembayaran asuransi menjadi sangat penting bagi sahnya transaksi asuransi.

Luas Jaminan/Coverage
Ada dua pilihan jaminan asuransi yang pertama “All Risks” dan Total Loss Only (TLO). Jaminan yang paling baik adalah All Risks karena menjamin hampir seluruh resiko kecelakaan yang mungkin terjadi pada alat berat mulai dari terbakar, tergelincir, tertimpa pohon, tertimpa batu, jatuh dari alat angkut, huru-hara, pencurian, tertabrak, rusak karena banjir dan lain-lain. Namun demikian masih ada beberapa resiko yang tidak dijamin di dalam polis asuraransi dengan kondisi All Risks antara lain bencana alam termasuk gempa dan tsunami. Jaminan in bisa dijamin dengan penambahan premi. Sedangkan jaminan TLO hanya berlaku jika unit mengalami kehilangan atau kerusakan keseluruhan atau dengan nilai di atas 75% dari harga unit.

Resiko Sendiri/Deductible
Hampir setiap polis asuransi umum pasti ada resiko sendiri, atau bagian dari kerugian yang menjadi tanggung jawab dari tertanggung. Ada beberapa alasan kenapa resiko sendiri itu diadakan. Pertama, adanya unsur pendidikan kepada tertanggung bahwa tidak semua resiko itu bisa dipindahkan kepada pihak asuransi. Jika terjadi resiko bukan menyerahkan semuanya kepada pihak asuransi akan tetapi pihak tertanggung juga akan menanggung rugi. Dengan adanya resiko sendiri maka akan membuat tertanggung akan lebih berhati-hati di dalam menjaga unitnya karena kalau terjadi kerugian dirinya sendiri juga akan ikut menanggung.

Kedua, resiko sendiri juga bertujuan untuk mengurangi beban administrasi baik bagi tertanggung maupun bagi perusahaan asuransi. Kalau kerugian relatif kecil maka resiko itu ditanggung sendiri saja oleh tertanggung karena kalau kerugian itu diklaim ke perusahaan asuransi maka penggantiannya akan lebih complex dimana tertanggung harus mengikuti semua prosedur dan memenuhi semua persyaratan yang diminta dan ini memerlukan waktu dan tenaga, padahal dibanding dengan besarnya nilai klaim yang akan diterima tidak seberapa besar. Dengan adanya resiko sendiri maka tertanggung dapat melakukan tindakan lebih cepat jika mengetahui bahwa nilai kerugian yang terjadi masih berada di dalam resiko sendiri tanpa harus menunggu proses klaim dari perusahaan asuransi.

Untuk alat barat ada beberapa patokan untuk menentukan besarnya resiko sendiri yang saat ini berkisar antara US$1,500 sampai denagn US$ 5,000 tergantung kepada kebijksanaan underwriting

Klaim – Repair or Replace?
Klaim adalah pembuktian dari setiap transaksi asuransi, disinilah ajang semua isi perjanjian dari sebuah polis asuransi dilihat hasilnya.

Hampir semua polis asuransi alat berat akan merespon setiap klaim asuransi yang terjadi sehingga besar kemungkinan semua klaim yang terjadi akan diganti oleh perusahaan asuransi.

Yang sering menjadi kendala adalah keputusan mengenai seberapa besar penggantian yang akan dibayar oleh perusahaan asuransi. Salah satu sumber perbedaan adalah dasar penggantian yaitu repair or replace?, diperbaiki atau diganti. Hampir semua tertanggung inginnya adalah diganti bukan diperbaiki karena menurut mereka bahwa kalau diganti maka kondisinya akan kembali seperti semua dalam waktu yang lebih singkat. Sedangkan kalau diperbaiki mereka meragukan kwalitas hasil perbaikan tersebut apakah akan sama dengan kondisi sebelum kecelakaan. Sementara dari pihak asuransi pada umumnya kalau masih mungkin diganti dengan jalan melakukan perbaikan mereka lebih suka dengan perbaikan karena biayanya pasti jauh lebih murah. Pada tahap inilah biasanya terjadi argumen dan dialog yang cukup dan panjang sehingga membuat waktu penyelesaian klaim menjadi lama.Masing-masing pihak berusaha mempertahankan argumennya. Untuk memutuskan apakah repair atau replace biasanya diperlukan bantuan dari tenaga ahli dibidangnya yang membuat evaluasi dan memberikan rekomendasi. Rekomendasi dari pihak independent inilah yang bisa membantu mengambil keputusan bagi kedua pihak.

Salah satu penyebab lamanya proses klaim asuransi alat berat adalah masalah kelengkapan dokumen-dokumen yang diperlukan. Sebenarnya permintaan dokumen cukup sederhana saja seperti Berita Acara, Rincian Kerusakan, Estimasi Biaya serta foto-foto dari kerusakan. Namun kadang banyak pihak pemilik atau operator tidak begitu paham mengenai isi dan bentuk informasi yang diminta tersebut.

Untuk klaim yang relatif besar biasanya pihak asuransi akan menunjuk Loss Adjuster untuk mengevaluasi dan menilai kerusakan yang terjadi. Kadang-kadang proses evaluasi dari Loss Adjuster juga cukup lama tergantung seberapa cepat mereka menyelesaikan laporan. Saat ini harus diakui tidak banyak Loss Adjuster yang mempunyai tenaga yang ahli di bidang alat berat sehingga hampir semua tergantung kepada beberapa orang Loss Adjuster saja padahal jumlah klaim yang terjadi cukup banyak.

Untuk Keterangan lebih lanjut silahkan menghubungi :


Kantor Pemasaran:
Momon Insurance Agency Services
In Cooperation with Best Indonesian Insurance Company
Komplek Sagulung Mas Indah Blok A No.22 Batu Aji - Batam
Hp 08566559633 / 081372150633 Fax 0778-391515
email : momoncomputer@gmail.com

http://bataminsurance.blogspot.com/
http://asuransi-batam.blogspot.com/
http://asuransipelayaran.blogspot.com/
http://marinehull-insurance.blogspot.com/
http://asuransimarinehull.blogspot.com/
http://asuransi-pengangkutan.blogspot.com/
http://spbuasuransi.blogspot.com/
http://asuransilimbahb3.blogspot.com/
http://asuransib3.blogspot.com/
http://asuransipompabensin.blogspot.com/
http://asuransigaransibank.blogspot.com/
http://asuransiangkutan.blogspot.com/
http://asuransialatberat.blogspot.com/
http://asuransikapal.blogspot.com/
http://asuransipencemaran.blogspot.com/
http://asuransilingkungan.blogspot.com/
http://asuransikonstruksi.blogspot.com/
http://asuransiproyek.blogspot.com/
http://asuransitender.blogspot.com/
http://asuransilimbah.blogspot.com/


Note:** KAMI MELAYANI ANTAR JEMPUT DOKUMEN ANDA.

http://www.tdwclub.com/member/go.php?r=7048&i=l0

http://www.tdwclub.com/member/go.php?r=6978&i=l0
http://tdwmastery.com/bm/?id=930
http://teknisi-hp-batam.blogspot.com/
http://kitchen-set-batam.blogspot.com/
http://pompa-batam.blogspot.com/
http://momoncomputer.blogspot.com/
http://penyewa-mobil-batam.blogspot.com/
http://agensi-batam.blogspot.com/
http://website-batam.blogspot.com/
http://gensetbatam.blogspot.com/
http://konsultanbatam.blogspot.com/
http://perkantoran-batam.blogspot.com/
http://tralisbatam.blogspot.com/
http://landscapingbatam.blogspot.com/
http://kontraktorbatam.blogspot.com/
http://acbatam.blogspot.com/
http://sedotinja.blogspot.com/
http://migrant-care.blogspot.com/
http://masjidbatam.blogspot.com/
http://pantiasuhanbatam.blogspot.com/

asuransi, insurance, kontrak, kerja, surety, bond, tender, risk, resiko, batam, kepulauan riau, contract, principal, konstruksi, kontraktor, proyek, project, penutupan, closing, jaminan

polusi, pencemaran, pollution, waste, contamination, insurance, asuransi, lingkungan, environment, environmental, B3, batam, kepri, kepulauan riau, ganti rugi, kompensasi, compensation, kerusakan, Limbah

Asuransi limbah, Limbah B3, Limbah Batam, Asuransi Tanggung Gugat terhadap limbah B3, penghasil limbah B3, Pengumpul limbah B3, Pengangkut limbah, pengolah limbah, Public Liability Insurance, Batam

asuransi, insurance, kontrak, kerja, surety, bond, tender, risk, resiko, batam, kepulauan riau, contract, principal, konstruksi, kontraktor, proyek, project, penutupan, closing, jaminan

batam, heavy equipment, alat berat, excavator, dozer, bulldozer, cut and fill, kontraktor, contractor, pekerjaan, risk, resiko, jaminan, asuransi, insurance, crane, traktor, kepri, kepulauan riau

batam, asuransi, insurance, cargo, kargo, angkutan, pengangkutan, transportasi, transportation, laut, udara, darat, kepri, kepulauan riau, barelang, barang, kapal, pesawat, pembajak, perompak

Kapal, rangka, Kepulauan Riau, ship, vessel, cargo, perompak, perompakan, bajak laut, pembajakan, batam, kepri, asuransi, insurance, marine, piracy, hull, resiko, risk, pelayaran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar