Kamis, 19 Maret 2009

Hp 0812 77111 897 Ibu APRIL ( KHUSUS WANITA , ANAK-ANAK & BAYI ) Tukang Pijat Turun Perut / Masuk Angin di Batam

Hp 0812 77111 897 Ibu APRIL ( KHUSUS WANITA , ANAK-ANAK & BAYI ) Tukang Pijat Turun Perut / Masuk Angin di Batam



Hp 0812 77111 897 Ibu APRIL ( KHUSUS WANITA , ANAK-ANAK & BAYI ) PIJAT TRADISIONAL / PIJAT KELUARGA DI BATAM

Perumahan Taman Cipta Asri Tahap 2 Blok Herba No.07- Batam

InsyaAllah Bisa Membantu Menyembuhkan Berbagai Keluhan / Penyakit Dengan Therapy Pijat, Antara Lain:

1. Capek-Capek / Kelelahan / Penat
2. Terkilir / Kesleo
3. Migren
4. Masuk Angin
5. Turun Peranakan
6. Susah Punya Keturunan
7. Pijat Ibu Hamil
8. Perawatan Sebelum & Pasca Bersalin, dll.

Created & Supported by

Mr MOMON

http://momoncomputer.blogspot.com/

Pijat nifas, Pijat Batam, Massage Batam, Spa Batam, Lulur Batam, Pijat Bayi Batam, Baby Massage Batam, Pijat Anak Batam, Kids Massage Batam, Pijat Ibu Hamil, Pregnant Woman Massage, Turun Peranakan, Turun Bero, Masuk Angin, Capek, Lelah, Penat, Migren, Migrain, Susah Punya Keturunan, Susah Hamil, Pijat Sebelum Melahirkan, Pijat Setelah Melahirkan, terkilir, keseleo, kesleo, salah urat, pijat bersalin, birth massage, bunting, hamil, wanita, perempuan, girl, woman, kids, child, children, bayi, baby, children, kanak-kanak, infant,

++++++ <<<<<<< >>>>>> <<<<<<< >>>>>> ++++++

SEHAT DENGAN TERAPI PIJAT

Anda pasti sudah sering mendengar terapi pijat. Atau, Anda sendiri mungkin telah mencobanya, baik memijat diri sendiri ataupun dengan bantuan terapis. Pijat telah lama diyakini bermanfaat bagi kesehatan. Anda bisa menikmati manfaat pijat mulai dari meredakan stres hingga mempercepat waktu pemulihan setelah sakit.

Dengan kehidupan serba sibuk dan tekanan yang harus dihadapi setiap harinya, tentunya Anda perlu cara untuk meredakan stres. Terapi pijat bisa menjadi pilihan Anda.

Berdasarkan studi ilimiah, seperti yang dikutip oleh massageenvy.com, terapi pijat bisa meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, mengurangi tingkat stres, dan mempersingkat jangka waktu dirawat akibat penyakit tertentu termasuk: • Alergi
• Depresi dan cemas
• Arthritis
• Sindrom Carpal Tunnel
• Asma dan bronkitis
• Masalah pernapasan
• Insomnia
• Cedera saat olahraga
• Fibromyalgia dan kelelahan kronis

Masih ada banyak lagi manfaat terapi pijat. Berikut adalah beberapa manfaat pijat secara umum:

Meredakan stres

Manajemen stres merupakan kunci utama untuk menjalankan gaya hidup sehat. Dan terapi pijat telah terbukti sebagai salah satu cara paling efektif untuk meredakan stres. Studi-studi telah menemukan, terapi pijat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini sekaligus juga akan meredakan stres. Pijat juga bisa meningkatkan energi, mengurangi rasa sakit, serta meningkatkan performa fisik dan mental.

Stres reda juga akan membawa manfaat lain seperti: • Menurunkan detak jantung
• Menurunkan tekanan darah
• Merilekskan otot-otot
• Meningkatkan kadar hormon endorphin, hormon yang membuat pikiran tenang dan nyaman

Relaksasi

Segala kesibukan kita bisa menegangkan fisik dan mental. Karena itu, membiarkan tubuh tenang dan rileks menjadi kebutuhan yang sangat penting. Terapi pijat, bisa membantu kita untuk rileks. Pijat bisa membuat mental kita tenang, serta mendorong lahirnya pikiran-pikiran kreatif.

Selain itu, melalui pijat, kita juga akan lebih menyadari tingkat stres kita sehari-hari. Kenyamanan ini membuat kita sadar bagaimana rasa rileks yang sebenarnya. Dengan begitu, kita akan selalu berusaha menenangkan diri sebelum mengalami stres kronis.

Dengan rileks, Anda akan memperleh manfaat lain seperti:
• Perbaikan kondisi mental
• Lebih bisa mengatasi tekanan
• Sikap yang lebih positif
• Mendorong kreativitas


Memperlancar fungsi sirkulasi

Dalam jangka panjang, terapi pijat berfungsi untuk memperlancar aliran darah. Tekanan pijat bisa menggerakkan darah melalui area yang tersumbat. Pelepasan ini membuat darah baru mengalir ke dalam. Tekanan dan tarikan pada saat memijat juga bisa melepaskan asam laktat dai otot-otot dan meningkatkan aliran cairan limfe yang membawa sampah-sampah sisa metabolime dari otot-otot dan organ dalam. Hasilnya, tekanan darah akan turun dan fungsi tubuh semakin membaik.

Sirkulasi yang lancar akan:
• memperlancar aliran darah
• memindahkan sampah metabolisme dari otot dan organ dalam
• Menurunkan tekanan darah
• Meningkatkan fungsi tubuh

Menurunkan tekanan darah

Salah satu cara terbaik untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan terapi pijat. Sejumlah studi telah menunjukkan kalau terapi pijat yang dilakukan secara teratur bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, menurunkan kadar hormon stres cortisol, menurunkan sumber-sumber depresi dan kecemasan.

Keuntungan tekanan darah rendah:
• Tingkat depresi dan kecemasan lebih rendah
• Hormon stres akan terkontrol
• Menurunkan risiko serangan jantung, gagal ginjal atau stroke

Menghilangkan rasa sakit

Anda ingin menghilangkan rasa sakit dengan cara alami? Terapi pijat merupakan jawabannya. Anda tidak perlu menggunkan obat-obatan pereda rasa sakit. Pijat bisa menyegarkan dan meremajakan pikiran. Selain itu, juga memperbaiki persendian dan meningkatkan aliran darah dan nutrisi ke otot-otot dan jaringan lainnya.

Pijat bisa mengatasi migrain dan sakit kepala akibat ketegangan dengan dua cara. Pertama, pijat membantu tubuh mempertahankan relaksasi dalam tahap yang optimal dan menurunkan stres. Cara ini bisa mengurangi frekuensi serangan migrain dan meredakan ketegangan. Kedua, pijat juga bisa meredakan tekanan selama mengalami migrain. Anda bisa mengurangi rasa sakit dengan melakukan pijatan di daerah leher, kepala, dan bahu.

Mempercepat pemulihan setelah sakit

Pemulihan setelah mengalami cedera bisa menjadi masa-masa yang melelahkan. Terapi pijat bisa berperan penting sebagai suplemen terhadap pengobatan standar. Dengan meningkatkan sirkulasi dan merilekskan otot-otot, pijat membantu tubuh memompa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke jaringan dan organ-organ vital. Hal ini akan membuat area yang cidera lebih fleksibel dan mempercepat proses pemulihan.

Sumber: http:// www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/?ar_id=MTAxMQ==







Pijat Ideal Mulai Hamil Lima Bulan

SAAT hamil, sebaiknya seorang ibu rutin melakukan pijat. Hal itu disampaikan trainer pijat dari USA Pregnancy Massage Expert asal Amerika Serikat Leslie Stader saat menjadi pembicara talk show di Mom n Jo, Surabaya, Senin (10/3).

“Memang saat memijat, ada cara-cara khusus dengan memperhatikan kondisi kehamilan ibu. Pijat yang diberikan bukan berupa tekanan keras, tapi tekanan lembut yang mampu mengurangi stres dan memperbaiki postur tubuh,” katanya.

Bagian tubuh yang perlu dipijat untuk ibu hamil bukanlah perut. Melainkan kaki dan tangan. Itu dilakukan untuk memberikan efek relaksasi. “Sekaligus menghindari cedera,” jelasnya.

Usia ideal kandungan yang boleh dipijat, kata Leslie, sebaiknya mulai lima bulan. Pada usia itu, janin sudah lebih kuat. “Namun, jika dipijat terasa adanya kontraksi, segera hentikan!" ujarnya mewanti-wanti.

Perempuan yang khusus datang dari Negeri Paman Sam untuk menjadi pembicara di beberapa tempat tersebut juga mengingatkan, sebaiknya pilih terapis yang benar-benar berpengalaman. Jangan pernah memercayakan keselamatan ibu dan anak yang dikandung kepada orang yang tidak jelas latar belakangnya. "Karena ini masalah nyawa dan keselamatan. Salah memijat, akibatnya bisa fatal dan mencederai janin," katanya. Tak hanya Leslie, dalam acara yang dikemas santai itu, artis dan presenter Desy Novianti turut menjadi pembicara. Dia berbagi cerita tentang kebiasaannya pijat saat hamil.

“Ternyata pijat itu mampu membuat saya mengalami masa kontraksi yang tidak terlalu lama dan menyakitkan. Anak saya pun lahir dan tumbuh lebih semangat serta tidak sering rewel,” ungkap Desy.

Dunia pijat memang tidak lagi didominasi orang dewasa saja. Anak-anak, bahkan bayi pun, sudah ketagihan dipijat. Tak heran, pusat spa khusus bayi mulai menjamur di kota besar seperti Surabaya. Treatment yang ditawarkan beragam. Mulai sekadar pijat, berenang, hingga gym. Program baby gym dengan nama jump start baby itu memberi manfaat besar dalam tumbuh kembang bayi sejak usia dini. Yaitu, menguatkan otot-otot bayi dan mempersiapkan mereka dalam tahap perkembangannya.

Ada empat teknik yang dilakukan dalam jump start baby. Yaitu, massage ringan, ketukan neurogis, stretching, dan exercise.

“Mulai usia dua bulan, dia saya bawa pijat. Hasilnya memang maksimal. Hingga kini jarang sakit dan geraknya pun lebih lincah daripada anak seusianya,” kata Prita Adinda yang kemarin mengajak buah hatinya, Alana Callia, untuk pijat.(nji/c7/nw)

Sumber: http://www.jpnn.com/read/2014/03/11/221217/Pijat-Ideal-Mulai-Hamil-Lima-Bulan



Ini Dia, Panduan Pijat untuk Ibu Hamil

KOMPAS.com - Meski Mama boleh menikmati spa dan pijat, ada beberapa rambu yang perlu diperhatikan. Berikut rambu-rambu tersebut:

1. PIJAT

Berbagai perubahan fisik yang dialami ibu hamil berimbas pada ketidaknyamanan, termasuk pegal-pegal. Pijatan ringan bisa dijadikan solusi. Selain meredakan kekakuan otot, pijat juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, sehingga tercipta relaksasi urat dan saraf. Kondisi ini pun dapat membuat ibu lebih nyaman, sehingga dapat terhindar dari stress yang berkelanjutan.

Umumnya, bagian tubuh ibu hamil yang boleh dipijat dan tidak berisiko adalah betis, tangan, punggung, dan leher. Namun , sebaiknya sebelum pijat berkonsultasilah ke dokter mengenai rambu-rambu khusus untuk ibu, mengingat kondisi kehamilan setiap ibu boleh jadi berbeda.

Panduan memijat untuk ibu hamil:

1. Jangan pijat di daerah perut, pinggang, pinggul, karena tiga bagian ini rentan berkontak langsung dengan janin dan bisa memicu kontraksi.

2. Tidak dianjurkan pijat refleksi, karena dapat mengundang kontraksi.

3. Jika pijatan dirasa menimbulkan kontraksi, apa pun metode dan cara memijatnya, segera hentikan.

4. Pijat sebaiknya dilakukan di usia kehamilan 5 bulan ke atas, karena kondisi janin sudah jauh lebih kuat.

5. Pijat dilakukan dalam posisi ibu telentang atau duduk dan pastikan kandungan tidak bermasalah.

6. Pastikan ibu mendapatkan jasa pijat oleh terapis/orang yang mengerti, terlatih, dan berpengalaman dalam memijat ibu hamil.

2. SPA

Banyak manfaat Spa, di antaranya, mengurangi stress, menghilangkan kekakuan otot dan kram kaki, mengurangi bengkak di kaki, memperlancar peredaran darah, memperbaiki postur tubuh, serta mencegah munculnya stretchmark. Jika psikis ibu sehat, maka ia pun akan melahirkan anak yang ceria, tidak mudah rewel, emosi mudah terkontrol, dan lainnya.

RAMBU-RAMBU:

1. Usia kandungan ibu harus di atas tiga bulan, atau lebih aman bila usia kandungan sudah menginjak trimester dua ketika kondisi kehamilan sudah kuat.

2. Lakukan Spa dengan posisi miring atau telentang, tidak boleh telungkup seperti pada Spa biasa.

3. Pastikan tekanan tangan pada saat membaluri dan me-massage tubuh harus tepat, tidak boleh terlalu kencang.

4. Hindari berendam di bathtub, ganti dengan shower. Mandi uap atau body steam juga sebaiknya ditunda dulu karena dikhawatirkan ibu mengalami kontraksi. Sebagai gantinya, ibu dapat menjalanibody compress, yaitu mengenakan handuk yang sebelumnya direndam dalam air panas.

5. Jika ingin memijat telapak kaki, pijatan diarahkan dari daerah tengah telapak sampai ke depan, mengingat titik refleksi ke bagian perut ada di daerah telapak kaki dari tengah ke tumit.

6. Pilih tempat SPA yang memang menyediakan pelayanan untuk ibu hamil. Pastikan pula terapisnya benar-benar terampil, yaitu sudah mendapat pelatihan dari dokter kandungan atau sudah besertifikatAmerican Pregnancy Massage Association (APMA). Pemegang sertifikat APMA biasanya akan menggunakan pelumas massage yang aman dan bermanfaat seperti minyak grape seed (minyak biji anggur), yang bermanfaat menjaga elastisitas kulit untuk mencegah stretch mark setelah melahirkan. Minyak ini pun memiliki kelembapan tinggi dan bisa bertindak sebagai antiseptik, juga rendah alergi. Bahan lain yang bisa digunakan seperti biji avokad, beras ketan, hingga losion.

Sumber: http://female.kompas.com/read/2013/12/08/1625341/Ini.Dia.Panduan.Pijat.untuk.Ibu.Hamil.



Pijat Perut Ibu Hamil, Bermanfaatkah?

Relaksasi merupakan salah satu hal yang dibutuhkan oleh semua orang untuk membuat pikiran dan tubuh menjadi segar kembali. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk relaksasi, salah satunya adalah dengan dipijat. Saat ini, mommy mungkin sering mendengar tentang pijat perut untuk mommy yang sedang hamil. Pertanyaannya adalah apakah cara ini memang diperlukan dan apa manfaat yang bisa didapat dari pijat perut ini?

Banyak Manfaat

Sebenarnya pijat perut ibu hamil mempunyai banyak manfaat yang bisa didapat. Pertama adalah membetulkan letak bayi yang tidak benar yang salah satu penyebabnya gerakan bayi selama dalam kandungan. Banyak kasus proses persalinan berjalan dengan sangat sulit bahkan berbahaya karena posisi bayi yang tidak normal. Proses pemijatan pada bagian perut dapat memecahkan masalah ini.

Selain itu, pijat perut juga berfungsi untuk melancarkan peredaran darah yang menuju perut. Hal ini sangat diperlukan karena otot-otot bagian perut dan pinggang adalah otot-otot yang diperlukan untuk menopang janin dan membawa janin saat Mommy yang sedang hamil bepergian.

Dengan melakukan pemijatan, maka, otot-otot ini dapat direlaksasi dan menghilangkan kelelahan pada otot yang dapat mengakibatkan cedera.

Pemijatan pada perut Mommy yang sedang hamil juga berguna untuk kesehatan kulit. Karena kulit tertarik dan meregang seiring pertumbuhan janin didalam perut Mommy, maka, pemijatan dapat sekali lagi merilekskan bagian perut tersebut. Sehingga, kulit dapat kembali lentur yang juga akan dapat mencegah terjadinya bekas selulit saat selesai persalinan.

Perlu Diperhatikan

Memang pijat perut untuk Mommy yang sedang hamil mempunyai banyak manfaat, akan tetapi, banyak dokter yang tidak menyarankan, bahkan melarang proses ini. Dikhawatirkan bila dilakukan pemijatan pada area perut yang membesar akibat kehamilan bisa mempengaruhi janin yang berada didalamnya. Mulai dari kecacatan pada bentuk fisik bayi sampai akibat paling berbahaya adalah kematian pada bayi. Oleh karena itu, sebelum Mommy yang sedang hamil melakukan pemijatan perut, sebaiknya konsultasi kehamilan pada dokter kandungan dan juga mencari profesional yang benar-benar terlatih dan berpengalaman dalam bidang ini agar meminimalisir risiko.

Selain itu, usia kehamilan Mommy juga sangat penting. Sekali lagi agar tidak meng hadapi masalah saat dilakukan pemijatan perut, maka usia kehamilan yang tepat adalah 5 bulan atau lebih. Pada saat itu, janin sudah kuat.

Bila terjadi kontraksi atau ruam pada kulit, proses pemijatan ini juga seharusnya dihentikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pada dasarnya, pijat perut tidak harus dilakukan.

Memang ada beberapa manfaat, akan tetapi bila mommy khawatir maka lebih baik mencari lebih banyak informasi kehamilan untuk berbagai banyak cara lainnya yang lebih aman dan mungkin memberikan manfaat yang sama atau lebih dari yang bisa kita didapat dari pijat perut mommy yang sedang hamil.

Sumber : http://prenagen.com/pijat-perut-ibu-hamil-bermanfaatkah



Bolehkah Pijat Setelah Melahirkan?

REPUBLIKA.CO.ID, Pemijatan tubuh setelah melahirkan dipercaya mampu mengembalikan kebugaran sang ibu, karena ketegangan otot-otot saat proses melahirkan diyakini bisa hilang dengan melakukan pijat dengan metode yang benar.

"Pijat setelah melahirkan normal itu tidak masalah. Yang penting, pemijatnya mengerti, bagian mana saja yang boleh dan tidak boleh dipijat," kata pemilik klinik kesehatan de Health Solutions dokter Herti Eliza Silalahi di Jakarta, Kamis (31/7).

Herti mengatakan, sang ibu juga perlu memperhatikan kondisi tubuhnya sendiri, apakah tidak ada masalah ketika akan dilakukan pijatan, serta mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan pijat. Menurut Herti, untuk bagian tubuh tangan, kaki dan kepala, proses pengurutan bisa dilakukan sesaat setelah melahirkan, dengan memperhatikan tekanan pada pijatan tersebut.

Sementara itu, lanjut Herti, pijatan pada bagian perut baru boleh dilakukan setelah 40 hari pasca-melahirkan, karena rahim sudah kembali ke kondisi normal.

"Kalau terapis profesional pasti tahu bagian mana saja yang perlu dipijat pasca-melahirkan, karena mereka mendapatkan pelatihan," kata Herti.

Namun, Herti menganjurkan, untuk ibu yang melahirkan melalui operasi atau Sectio Caesar, sebaiknya pemijatan pada bagian perut dilakukan setelah luka jahitan sudah kering, atau sekitar 3-6 bulan pasca-melahirkan.

"Kalau melahirkan melalui operasi itukan prosesnya tidak normal, sehingga waktu penyembuhannya lebih lama dibandingkan proses melahirkan secara normal," ujar Herti.

Sumber: http://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/15/07/31/nscdt5328-bolehkah-pijat-setelah-melahirkan





5 Tips Terapi Pijat bagi Ibu Hamil

Rasa pegal, otot kaku dan sakit punggung pasti sering Ibu rasakan saat hamil. Untuk mengurangi keluhan tersebut, terapi pijat bisa menjadi solusinya. Metode ini diyakini dapat menghilangkan lelah, mengurangi stres dan menyegarkan tubuh. Selain itu, melakukan terapi secara teratur juga bermanfaat mengurangi gejala-gejala depresi, takut dan gelisah saat mendekati waktu melahirkan.

Meskipun kegiatan ini terasa menyenangkan dan menenangkan, melakukan terapi pijat tidak boleh sembarangan, Bu. Ada beberapa hal penting yang harus Ibu perhatikan sebelum melakukan metode ini, berikut penjelasannya:

1. Pastikan kehamilan Ibu tidak bermasalah

Pastikan Ibu tidak mengalami gangguan pada kehamilan. Sebelum melakukan pemijatan, ada baiknya berkonsultasi dahulu dengan tenaga kesehatan untuk memastikan kondisi kandungan Ibu aman untuk dipijat.

2. Bagian tubuh yang tidak boleh dipijat

Pijat biasanya dilakukan karena indikasi-indikasi seperti pegal, otot kaku dan sakit punggung. Oleh sebab itu, hanya tangan, kaki serta leher saja yang aman untuk dipijat. Pemijatan di bagian perut, pinggang, pinggul dan punggung bagian bawah harus dihindari agar tidak mengganggu kandungan.

3. Pilih terapis profesional

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kontraksi rahim dini, sebaiknya Ibu memilih terapis yang profesional. Cari info terlebih dahulu untuk mendapatkan terapis profesional yang sudah berpengalaman. Ia akan mengerti secara spesifik mengenai pemijatan terhadap ibu hamil.

4. Sesuaikan dengan Usia Kandungan

Pemijatan ibu hamil sebenarnya dapat dilakukan mulai dari trimester pertama hingga terakhir. Namun dianjurkan untuk melakukannya setelah kehamilan diatas 3 bulan. Hal ini untuk menghindari keguguran, karena saat trimester pertama kandungan Ibu masih cukup rentan. Maka dari itu, berkonsultasi dengan tenaga kesehatan harus rajin dilakukan.

5. Posisi pemijatan

Pastikan Ibu mendapatkan posisi yang nyaman, seperti berbaring dengan sedikit bersandar. Hal tersebut bisa membuat nyaman Ibu dan janin.

Semoga tips di atas dapat menjadi panduan Ibu ketika melakukan terapi pijat. Selamat mencoba, Bu!

Sumber: https://www.rumahnutrisinestle.co.id/5-tips-terapi-pijat-bagi-ibu-hamil





Manfaat Pijat Setelah Melahirkan

Manfaat Pijat Setelah Melahirkan – berikut manfaat dan khasiat melakukan pijatan usai melahirkan. Wanita sering kali mengeluh bahwa badannya terasa sakit setelah menjalani proses persalinan. Padahal, masalah tersebut bisa diatasi dengan melakukan pijat. Seorang ibu tidak ada waktu khusus untuk merawat diri. Waktunya habis untuk merawat bayi yang baru lahir.

Ingin mengetahui manfaat dari pijat? Berikut ini paparannya,

Relaksasi

Setelah melahirkan, wanita merasa stres. Anda bisa menjalani pijat agar badan lebih rileks.

Mengelupas kulit

Pijat pun berkhasiat membantu pengelupasan kulit-kulit mati usai melahirkan. Jangan heran, ibu baru yang sibuk dengan bayinya memiliki waktu yang sangat sedikit untuk memperhatikan tubuhnya, bahkan kesehatan kulit. Segera lakukan pijat untuk mendapat semua manfaat tersebut.

Meredakan nyeri tubuh

Nyeri pada kaki, paha, lengan, leher dan punggung, umum terjadi setelah melahirkan. Aktivitas pijat bisa dilakukan untuk meminimalisir rasa sakit pada tubuh.

Waktu terbaik untuk mendapatkan pijat setelah melahirkan adalah malam hari. Sebelum tidur, pijat selama beberapa menit atau minta suami Anda untuk melakukannya. Anda pun akan memiliki tidur yang berkualitas.

Mengurangi stretch mark

Stretch mark merupakan masalah kulit yang umum dihadapi selama kehamilan. Anda bisa mengurangi tanda di perut dan kaki dengan memijat secara teratur. Gunakan minyak esensial untuk mengurangi stretch mark.

Meningkatkan sirkulasi darah

Selain memberikan bantuan dari rasa sakit, pijat dapat meningkatkan pasokan oksigen yang dibutuhkan untuk sirkulasi darah yang lebih baik.

Berat badan

Setelah melahirkan, ibu sering kali ingin mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Pijat menjadi solusi untuk mengecilkan perut dan membakar lemak tubuh.

Meningkatkan produksi susu

Sebaiknya lakukan pijat setelah melahirkan untuk meningkatkan produksi prolaktin. Pijat payudara juga dapat mencegah dari kekenduran dan meningkatkan produksi susu.

Mengencangkan otot

Selama kehamilan otot-otot tubuh tidak rileks. Karenanya, setelah melahirkan sisihkan waktu untuk memijat tubuh Anda agar otot-otot kembali rileks dan dapat mengembalikan kebugaran tubuh.

SUMBER : http://kuncihidupsehat.blogspot.com/2013/05/manfaat-pijat-setelah-melahirkan.html#ixzz3mvxZKVEV





Manfaat Pijat Usai Melahirkan

KOMPAS.com - Perempuan mengalami berbagai perubahan selama kehamilan. Tak hanya perubahan secara fisik yang kasat mata. Sistem organ pada perempuan juga mengalami perubahan, terutama organ reproduksi. Nah, usai kehamilan dan melahirkan, masalah pada fisik dan organ tubuh perempuan masih berlanjut. Inilah sebabnya, perempuan membutuhkan perawatan usai melahirkan. Perawatan tubuh penting untuk menguatkan kembali otot yang melemah, memperlancar ASI, juga sebagai rileksasi akibat kelelahan usai melahirkan.

Ahli fisioterapi, Wiwit Azmi Lestari, AMF, SE, DIPL. CIDESCO, menjelaskan masalah potensial yang terjadi usai melahirkan, di antaranya problem peredaran darah, pengeluaran air susu, kelelahan ibu, trauma dasar panggul, otot abdomen yang meregang, dan postur yang salah.

"Usai melahirkan, perempuan perlu segera melakukan perawatan tubuh dalam masa nifas. Masa nifas dimulai usai melahirkan hingga enam minggu setelahnya. Alat genetalia pulih kembali seperti sebelum kehamilan dalam waktu tiga bulan," jelas Wiwit kepada Kompas Female saat ditemui di Taman Sari Royal Heritage Spa, Jakarta, Jumat (31/12/2010) lalu.

Pada masa nifas inilah, kata Wiwit, ibu usai melahirkan memerlukan rileksasi. Karena, jelasnya, umumnya perempuan sangat lelah setelah melahirkan. Perempuan harus tidur terlentang selama delapan jam postpartum untuk mencegah terjadinya pendarahan. Sesudahnya, perempuan boleh miring ke kanan dan kiri untuk mencegah thorombosis (penggumpalan darah pada pembuluh darah).

Manfaat perawatan postmaternity

Perawatan tubuh usai melahirkan bisa dilakukan dengan pijatan khusus ibu pascapersalinan, senam nifas, hingga mengonsumsi minuman herbal atau jamu selapan, serta menggunakan stagen atau gurita untuk mengembalikan postur tubuh seperti semula. Perawatan tubuh ini diperlukan dengan tujuan:

* Melancarkan peredaran darah agar tak terjadi thorombosis.
* Kecukupan oksigen yang dibutuhkan untuk sirkulasi darah.
* Merangsang kelancaran pengeluaran ASI.
* Memperbaiki tonus dan menguatkan otot yang melemah dan teregang sewaktu kehamilan dan kelahiran, seperti otot perut dan dasar panggul.
* Melatih perempuan untuk mengembalikan postur tubuh dengan cara yang benar.
* Mengajarkan perempuan mengenai pola kerja yang benar dalam aktivitas sehari-hari usai melahirkan.
* Mengajarkan cara yang tepat untuk rileksasi.

"Agar perawatan tubuh dilakukan secara tepat dan benar, sebaiknya pilih terapis yang sudah tersertifikasi dan memang khusus menangani perawatan postmaternity," saran Wiwit.

Anda juga perlu memerhatikan apakah perawatan tubuh usai melahirkan dilakukan dengan tepat. Karena menurut Wiwit, perawatan usai melahirkan (terutama pijatan) fokus pada uterus, payudara, dan sejumlah otot dasar pinggul.

Sumber: http://female.kompas.com/read/2011/01/04/13290021/manfaat.pijat.usai.melahirkan.





Paket Perawatan Pasca Bersalin

Setiap wanita yang sedang hamil pastinya akan berpikir bagaimana tubuhnya akan kembali ramping setelah melahirkan. Banyak yang berpikir bahwa itu adalah masalah satu-satunya. Ternyata tidak sedikit wanita yang merindukan kulitnya kembali cerah dan halus seperti sebelum hamil.

Namun tidak hanya itu, setelah melewati masa kehamilan dan melahirkan, tubuh Ibu juga mengalami stress dan vitalitasnya menurun. Mungkin Ibu menjadi salah satu dari sekian banyak Ibu-Ibu yang sudah mencari tau apa yang harus dilakukan. tapi memang harus diakui,. RIBETNYAAA kalau dilakukan sendiri! Jadinya malas, dan pada akhirnya Ibu tidak bisa mendapatkan kembali tubuh yang Anda inginkan.

Mulai sekarang Ibu tidak usah kuatir, karena kami akan datang ke rumah Ibu untuk membantu melakukan semuanya. Menyenangkan bukan?

Paket perawatan Tradisional Pasca Melahirkan meliputi:

1. Pemulihan Vitalitas

Pijat Relaksasi Tradisional Ibu

Pijatan untuk seluruh tubuh yang lembut akan memberikan kenyamanan kepada tubuh Ibu yang selama berbulan-bulan mungkin tidak Ibu rasakan secara fisik, mental, dan pikiran. Pijatan ini membantu Ibu pulih dari stress fisik maupun pikiran saat melahirkan dan melancarkan peredaran darah. Termasuk pijat payudara untuk melancarkan ASI dan menghindari penggumpalan.

Pijat Bayi

Bayi Ibu juga ingin mendapatkan sentuhan-sentuhan lembut yang membuat dia nyaman berada di dunia baru, dan mengetahui bahwa ia tidak sendiri. Pijat bayi akan membantunya untuk merasa tenang dan rileks, merangsang otot-ototnya yang kaku.

V Spa / Ratus

Membuat daerah V harum, segar dan mengencangkan otot-otot kewanitaan. Untuk proses melahirkan normal, ratus dilakukan setelah jahitan mengering.

2. Pemakaian Paket Ramuan Tradisional Pasca Melahirkan

Pemasangan Bengkung dan Gurita

Bengkung diperlukan Ibu untuk menjaga agar perutnya menjadi kencang dan ramping kembali.

Pemulihan Kecantikan Kulit

Lulur

Lulur akan mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit Ibu terlihat lebih cerah, berkilau dan halus. Kebanyakan Ibu hamil mengalami perubahan warna kulit menjadi gelap di daerah-daerah tertentu di tubuhnya. Ini akan hilang setelah melahirkan dengan perawatan lulur.

Sumber: http://solusisehatprimamassage.com/paket-spa/perawatan-pasca-bersalin/





Mengenal Endorphin Massage dalam Kehamilan dan Persalinan

Mungkin masih banyak wanita yang belum mengetahui Endorphin Massage. Endorphin Massage ini ialah salah satu terapi dengan melakukan sentuhan ataupun pijatan ringan, yang sangat penting untuk dilakukan pada wanita yang hamil. Terapi ini dapat dilakukan sebagai pengelola rasa sakit. Terapi seperti ini dapat digunakan agar mengurangi rasa kurang nyama pada saat menjalani proses persalinan, serta dapat meningkatkan relaksasi yang dapat membuat perasaan lebih nyaman melalui permukaan pada kulit. Terapi sentuhan yang ringan ini juga dapat menormalkan kembali denyut jantung serta tekanan darah anda. Terapi ini dapat meningkatkan pelepasan oksitosin dan juga endorphin.

Sebaiknya terapi ini dilakukan oleh ibu beserta suami anda pada saat usia kehamilan anda di atas 36 minggu, hal ini disebabkan oleh hormon oksitosin yang telah keluar dapat merangsang terjadinya kontraksi. Terapi Endorphin Massage sanat mendukung terapi relaksasi yang cukup dalam serta dapat membantu dalam membentuk ikatan ibu, suami juga bayi anda yang masih di dalam kandungan ibu. Endorphin ini merupakan hormon alami yang dapat di produksi pada tubuh anda, dengan begitu endorphin ini ialah penghilang rasa nyeri yang paling baik. Endorphin ini juga di produksi dengan alami menggunakan cara melakukan kegiatan seperti meditasi, melakukan teknik pernafasan yang dalam, mengkonsumsi makanan yang cukup pedas, dan juga melalui teknik acupunture treatments. Meski terapi sentuhan yang ringan ini dapat dilakukan oleh siapa pun yang mampu mendampingi wanita yang sedang hamil, namun ada baiknya terapi ini dilakukan bersama pasangan atau suami anda. beberapa ahli mengatakan terapi ini akan semakin meningkat jika terdapat hubungan yang erat antara istri, suami beserta bayi yang hendak di lahirkannya.

Agar anda dapat dengan mudah mempelajari terapi ini anda dapat mengikuti tahap-tahap berikut ini :

1. Sesuai dengan namanya, terapi sentuhan ringan atau endorphin massage ini dapat memicu keluarnya hormon endorphin. Bukan hanya itu, hormon oksitosin juga merupakan hormon yang dapat merangsang terjadinya kontraksi. Maka dari itu wanita yang sedang hamil dan usia kehamilannya memasuki 36 minggu baru di perbolehkan untuk melakukan endorphin massage ini.

2. Endorphin massage ini sangat bermanfaat sebab bisa memberikan kenyamanan, rileks dan juga tenang pada wanita yang sedang hamil. Selain itu juga, terapi endorphin massage ini juga bisa mengembalikan denyut jantung juga tekanan darah pada keadaan yang normal. Hal ini yang membuat terapi ini bisa membantu serta melancarkan proses pada persalinan.

3. Anda dapat melakukan endorphine massage ini dengan duduk ataupun berbaring, namun usahakan suami anda berada di samping anda. Lakukan terapi ini dengan duduk ataupun berbaring dengan nyaman, tarik nafas secara perlahan kemudian keluarkan dengan sangat lembut sambil pejamkan mata anda. Mintalah pada suami anda untuk mengelus permukaan kulit pada lengan anda dengan lembut menggunakan jari tangan suami anda. Mulailah pada lengan atas kemudian turun hingga pada lengan bawah anda. Lakukan hal ini dengan perlahan serta lembut, dan ganti pada tangan lainnya setelah beberapa menit. Anda dapat melakukan hal ini pada bagian tubuh yang lainnya sepeti bahu, punggung, leher, dan juga paha.

4. Ketika anda melakukan terapi ini sebaiknya anda meminta suami anda mengucapkan kata-kata yang positif, yang dapat menenangkan hati anda. Pada saat anda telah sesesai melakukan kegiatan endorphin massage ini sebaiknya anda dan suami anda melakukan hal yang menyenangkan.

Sumber : http://bidanku.com/mengenal-endorphin-massage-dalam-kehamilan-dan-persalinan





Manfaat Pijat Bagi Bayi, Anak dan Remaja

Pijat adalah upaya untuk kesehatan yang telah dikenal ratusan tahun yang lalu dilakukan turun temurun oleh beberapa generasi pendahulu kita. Manfaat pijat yang utama adalah untuk mempertahankan kesehatan atau bahkan telah diyakini untuk mengobati berbagai penyakit yang diderita manusia. Pijat dapat bermanfaat untuk segala usia termasuk anak, remaja dan orang tua. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terapi pijat dapat meningkatkan sistem imun, memperbaiki persarafan dan pertumbuhan dan perkembangan anak dan remaja.

Pijat selain dapat diberikan untuk bayi dan anak sehat juga dapat dilakukan kepada anak dengan kondisi khsus dan berkebutuhan khusus. Pijat telah terbukti memperbaiki peredaran dan persarafan. Gangguan tersebut dapat menganggu keterlambatan motorik, sensoris, pertumbuhan dan perkembangan anak. Pijat sangat

direkomendasikan pada anak dengan keterlambatan motorik, gangguan ekseimbangan dan gangguan sensoris. Anak dengan keterlambatan motorik seperti terlambat bolak-balik, duduk, merangkak, terlambat berjalan, terlambat mengayuh sepeda dan anak yang mudah jatuh bila berjalan atau berlari. Penderita gangguan sensoris seperti jalan jinjit, anak mudah geli, anak mudah kaget, takut suara tertentu, anak mudah geli, dan anak taidak nyaman cahaya terang, terlambat berjalan sangat dianjurkan melakukan terapi pijat secara rutin Salah satu dari kondisi khusus yang dapat dioptimalkan dengan berenang dalam air seperti pada penderita gangguan kenaikan berat badan, anak sulit makan, penderita ADHD, Autism atau gangguan perilaku lainnya. Pijat juga dapat dierekomendasikan untuk penderita Epilepsi, Cystic Fibrosis, Sindrom Down, Ketulian, Kebutaan, Spina Bifida dan Hydrocephalus, Cerebral Palsy, Hip Displasia, Talipes (Club Foot) dan Osteogenesis imperfecta (Penyakit Tulang Rapuh)

Manfaat Pijat Bagi Bayi, Anak dan Remaja

• Melancarkan sistem peredaran darah Melancarkan sistem peredaran darah sehingga dapat meningkatkan suplai oksigen dan aliran nutrisi di dalam sel-sel tubuh.

• Menstimulasi saraf otak dan melatih respon saraf Mempercepat myelinasi yaitu proses perbaikan sistem saraf tatkala jaringan saraf tertutup lemak yang disebut myelin. Stimulasi kulit mempercepat proses perbaikan sistem saraf. Mempercepat myelinasi proses perbaikan system saraf tatkala jaringan saraf tertutup lemak yang disebut myelin. Pijat menyebabkan stres pada bayi akibat adanya tekanan-tekanan pada tubuh. Tetapi adanya suara, sentuhan dan aroma tubuh orang tua akan membuat tubuh bayi relaks. Kedua kondisi berbeda yang saling menyeimbangkan itu ideal untuk melatih repon saraf bayi. Melatih respon saraf motorik dan sensoris pada bayi dan anak.

• Meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem imun. Pijat secara signifikan meningkatkan jumlah sel pembunuh alami seperti yangf dilporkan penelitian oleh Riset Touch Research Institute, Florida. pijat dapat meningkatkan sekelompok sel darah putih yang bisa membunuh berbagai tipe sel yang terinfeksi virus. Penelitian lain terhadap penderita HIV yang dipijat sebanyak 5 kali dalam seminggu selama sebulan,menunjukkan terjadinya peningkatan jumlah dan toksisitas sel pembunuh alami (natural killer cells). Hal tersebut dapat mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi sekunder pada penderita AIDS. Sehingga pijat direkomendasikan bagi anak yang mudah mengalami batuk, pilek, demam. Piojat juga akan membantu meninghkatkan daya tahan tubuh pada penderita yang mudah sakit infeksi berulang yang berdampak sinusitis, tonsilitis dan gangguan infeksi telinga.

• Meningkatkan nafsu makan dan berat badan. Penelitian yang dilakukan oleh Prof. T.Field dan Scafidi menunjukkan bahwa pada 20 bayi prematur (berat badan 1280 dan 1176 gram), yang dipijat 3×15 menit selama 10 hari, mengalami kenaikan berat badan per hari 20%-47% lebih banyak dari pada bayi yang tidak di pijat.

• Mengurangi stres dan tekanan. Pijatan dapat menenangkan dan menurunkan produksi hormon adrenalin yang selanjutnya akan meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

• Mengurangi Nyeri Pijatan yang lembut membantu tubuh melepaskan oksitosin dan endorfin. Kedua hormon itu dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan yang dirasakan si kecil terutama terjadi pada bayi dan anak yang sering rewel tidak tahu sebabnya. Mengurangi gangguan sakit pada otot, tulang dan saluran cerna. Pijatan dapat membantu memperbaiki gejala kembung, kolik (rewel dan menangis) serta membantu tidur lebih nyenyak. Pijatan juga memperlancar udara di perut sehingga membantu mengeluarkan gas yang terjebak di sana.

• Memperbaiki gangguan tidur. Pijat dapat memperibaiki dan meningkatkan kualitas tidur. Hal ini terjadi karena berbagai gangguan tubuh yang tidak nyaman dan bersifat nyeri pada otot, tulang, saluran cerna yang menanggagu kualitas tidur dapat diperbaiki.

• Memperbaiki pencernaan. Penderita gangguan pencernaan, kolik, sering kembung mutah, nyeri perut dapat diperbaiki dengan terapi pijat. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa pijat dapat merangsang saraf vagus. Dr. Tiffany Field, pendiri Touch Research Institute di Florida telah membuktikan hal tersebut dalam penelitian pijat pada anak. Saraf vagus memiliki banyak sekali fungsi di antaranya meningkatkan daya peristalsis atau gerakan kontraksi berirama di perut dan usus yang menggerakkan makanan melewati saluran pencernaan. Itu sebabnya, pijat dapat menstimulasi dan membantu sistem pencernaan.

• Meningkatkan kenyamanan Psikologis. Membangun bonding antara orangtua terhadap bayi karena pijat kaya akan unsur bonding seperti kontak mata, kontak kulit, aroma tubuh dan suara. Mengembangkan komunikasi psikologis antara anak dan ibu. Mengajarkan anak bahwa sentuhan merupakan bentuk ekspresi kasih sayang. Pijat bayi menggabungkan aspek kedekatan yaitu kontak mata, saling tersenyum dan ekspresi wajah yang lain. Sehingga dapat membina ikatan kasih sayang orang tua dan anak. Apabila pijat bayi tersebut dilakukan oleh orang tua bayi, maka hal tersebut akan menambah kedekatan antara bayi dan orang tua. Karena bahasa sentuhan cinta sangat mempengaruhi perasaan bayi. Mengembangkan terjalinnya komunikasi bayi. Karena dapat merangsang kontak mata, ekspresi wajah, dan ekspresi tubuh bayi.

• Meningkatkan kesadaran bayi atas tubuhnya. Selagi memijat, namai bagian tubuh bayi untuk mengenalkan anggota tubuhnya. Ketika dipijat kesadaran bayi akan tubuhnya juga dibangun, seperti bahwa tangan dan kakinya menyatu dengan tubuh dan lain-lain. Mengajarkan anak sejak lahir bahwa mereka punya wewenang atas tubuhnya dan boleh menolak bila orang menyentuh tubuhnya.

• Meningkatkan kemampuan sensoris. Penderita gangguan sensoris seperti jalan jinjit, anak mudah geli, anak mudah kaget, takut suara tertentu, anak mudah geli, dan anak taidak nyaman cahaya terang, terlambat berjalan sangat dianjurkan melakukan terapi pijat secara rutin

• Meningkatkan masa otot Membantu pertumbuhan massa otot dan membantu perkembangan susunan otot bayi.

• Meningkatkan ASI. Pijatan membuat bayi cepat merasa lapar karena penyerapan makanan menjadi lebih baik. Akibatnya, bayi lebih sering menyusui. Semakin sering diminta, ASI yang diproduksi semakin banyak. Bukan hanya obat-obatan vitamin atau herbal, ternyata pijat dapat juga meningkatkan jumlah ASI dan kualitasnya. Hal ini terjadi karena jaringan payudara berisi banyak pembuluh getah bening dan pembuluh darah. Jika pembuluh ini terhambat, aliran menjadi tidak lancar dan bisa membuat masalah. Pemijatan bisa membantu memperlancar sirkulasi cairan ini. Pijat payudara juga akan membersihkan saluran susu, sehingga susu mengalir lebih lancar dan cepat mengosongkan payudara, yang akhirnya memacu produksi ASI lebih berlimpah lagi. Pijat payudara sebaiknya rutin dilakukan setiap hari, misalnya sambil mandi selama 20 menit (setiap sisi payudara selama 10 menit). Untuk merangsang produksi ASI, pijat payudara sebaiknya sudah rutin dilakukan sejak masa kehamilan

• Memperbaiki gangguan belajar dan meningkatkan konsentrasi. Umumnya bayi atau anak yang dipijat akan tertidur lebih lelap sehingga pada waktu bangun konsentrasinya akan lebih penuh. Penelitian yang dlakukan Touch Research Institut Amerika pada sekelompok anak dengan pemberian soal matematika. Setelah itu di lakukan pemijatan pada anak-anak tersebut 2×15menit setiap minggunya dalam jangka waktu 5 minggu. Selanjutnya anak-anak tersebut diberi soal matematika yang lain. Ternyata mereka hanya membutuhkan waktu penyelesaian setengah dari waktu yang dipergunakan untuk menyelesaikan soal yang terdahulu. Dan tingkat kesalahannya hanya 50% dari sebelum pijat.

• Meningkatkan nafsu makan dan berat badan bayi. Dengan melancarkan pembuluh darah dan persarafan bayi pijat dapat memperbaiki problema nafsu makan dan berat badan bayi. Pijat juga akan memperbaiki gangguan saluran cerna pada bayi yang merupakan penyebab utama kesulitan makan pada abayi.

• Memperbaiki pernafasan. Melancarkan pernafasan bayi, karena dapat membantu suplai oksigen pada tubuh bayi. Selain itu pijatan dapat membantu mengoptimalkan gerakan otot pernafasan pada bayi dan anak.

• Membuat Rasa Nyaman dan mengurangi emosi Memberikan rasa nyaman membuat bayi lebih tenang dan tidak mudah rewel. Peningkatan emosi pada bayi dan anak salah satunya disebabkan karena rasa tidak nyaman dan sakit yang tidak disadari dan jarang dikeluhkan oleh mereka. Karena pijat dapat memperbaiki dan meningkatkan pembuluh daerah dan persarafan maka gangguan pencernaan, pernafasan, otot dan tulang atau berbagai gangguan fungsi tubuh yang dapat menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman dapat diperbaiki.

Sumber : http://www.kompasiana.com/drnarulitadewi/manfaat-luar-biasa-pijat-bagi-bayi-anak-dan-remaja_55191af38133112b749de0c5





Pijat Bayi

Pijat bayi mempunyai banyak keuntungan, antara lain mengurangi kebiasaan menangis, menaikkan berat badan, membuat bayi mudah tidur, melat ih eye contact dengan Ibu, mengurangi level stres hormon bayi, juga membantu bayi untuk buang air besar.

Cara Pijat Bayi

• Pilih waktu pemi jatan saat Anda santai dan tidak tergesa-gesa dan tidak akan terputus di tengah jalan. Jangan memijat bayi sebelum atau setelah makan, atau keti ka bayi sakit . Jangan membangunkan bayi untuk dipijat.

• Siapkan perlengkapan pijat seperti minyak untuk memijat dari baby oil, minyak telon atau minyak nabat i lainnya, alas, popok bersih dan pakaian ganti. Minyak aromat erapi untuk orang dewasa mungkin tidak cocok untuk bayi.

• Lepas gelang, ci ncin dan potong kuku-kuku jari Anda yang panjang agar tidak menyakit i kulit bayi Anda yang lembut tanpasengaja.

• Gelar alas atau handuk lembut di atas permukaan yang datar dan lepas kan pakai an bayi. Anda juga dapat meletakkan bayi di pangkuan Anda. Letakkan bayi dengan posisi telentang saat Anda memijat bagian depan bayi Anda, lalu tengkurap saat memijat bagian belakang.

• Gosokkan hanya sekitar setengah sendok teh miny ak pada telapak tangan Anda untuk memudahkan pijatan tangan Anda meluncur di tubuh bayi. Anda dapat menambahkan lebih banyak minyak di tubuh bayi kemudian ses uai kebutuhan.

• Pijat bayi dengan lembut namun tegas dengan telapak tangan atau jari. Pijatlah dengan ringan secara melingkar di dada dan perut, pijat kedua bahu, turun ke bawah di lengan dan kaki lalu kembali ke atas pada bagian punggung. Bayi baru lahir dapat menikmati hanya dua sampai lima menit pi jatan, sementara bayi berusia lebih dari dua bulan dapat menikmati lebih lama.

• Jangan terlalu banyak memberikan tekanan pada tubuh bayi yang rapuh dan hindari daerah tulang belakang.

• Tenangkan bayi agar tidak bergerak saat dipijat dengan berbi cara atau bernyanyi.

• Kontak mata dengan bayi membuatnya merasa mendapatkan perhatian penuh dari Anda.

• Berhenti memijat s ecara mendadak dapat membuat bayi waspada. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan pelan-pelan dan lembut saat akan menghentikan pijatan.

• Janganmenggunakan minyak di kepala atau wajah. Jaga agar mi nyak tidak terkena jemari bayi karena mereka cenderung menempatkan jari di mulut atau mata, sehingga dapat menyebabkan iritasi.

• Selubungi bayi dengan handuk bersih dan hangat setelah dipi jat dan peluklah dia.

• Hindari ruam, luka atau daerah di mana bayi mendapat suntikan vaksinasinya ataumungkin karena sakit.

• Anda dapat terus memijat bayi Anda sampai dia berusia tiga atau empat tahun, karena manfaat pi jat yang baik sangat banyak.



Kaki

bagian ini merupakan bagian yang terbaik untuk memulai pijatan, karena merupakan bagian yang paling tidak sensitif diantara bagian tubuh bayi yang lain. Colek sedikit minyak, mulai pijat dengan kedua tangan Anda secara perlahan, mulai dari daerah paha, terus ke bawah. Buatlah pijatan secara bergantian antara tangan kanan dan kiri Anda. Gerakan pijatan harus selembut mungkin, meniru gerakan memerah susu. Pi ndah ke kaki yang sebelahnya lagi danlakukan pijatan yang sama.

Telapak Kaki

Ambil salah satu t elapak kakinya dan secara lembut putarlah beberapa kali ke arah kiri, lalu ulangi lagi ke arah kanan. Setalah itu, pijat lah punggung telapak kakinya mulai dari arah mata kaki ke arah jari-jari kaki. Pindah ke telapak kaki satunya dan ulangi seperti itu.

Tumit

Gunakan ibu jari Anda untuk memijat dengan membentuk lingkaran pada tumit bayi Anda

Jari Kaki

Bagian ini adalah penutup dari pijatan bagian kaki bayi. Peganglah jari mungilnya satu per satu menggunakan ibu jari dan telunjuk Anda, kemudian secara lembut tariklah searah dengan jarinya sehingga jari-jari Anda terlepas di ujung jari kaki bayi. Lakukan untuk kesepuluh jari kakinya.

Lengan

Ambil salah s atu lengannya dan lakukan gerakan seperti yang Anda lakukan terhadap kakinya – gerakan seperti memerah susu, mulai dari ketiaknya, terus hingga ke pergelangan tangan. Kemudian pegang telapak tangannya, dan putar-putar secara perlahan beberapa kali, ke arah kanan dan kiri. Pindah ke lengan satunya lagi dan lakukan hal yang sama. (Red.Newsletter Tradkom)



Sumber : http://www.gizikia.depkes.go.id/artikel/pijat-bayi/





Cara Melakukan Pijat Bayi

Dalam beberapa tahun mendatang, Anda akan menjalani ikatan dengan bayi Anda dengan mengendarai mobil, berbelanja, dan tidur bersama di tempat tidur pada Minggu pagi. Begitu bayi lahir, salah satu cara terbaik untuk menjalani hubungan adalah pijat bayi secara rutin yang akan membantu dia (dan anda) untuk santai. Lakukan pijatan saat dia tenang, tapi belum terlalu mengantuk. Dan putar musik yang lembut dan sama setiap kali dia akan mengaitkan suara musik dengan relaksasi pemijatan tadi.

Duduklah di lantai dengan kedua telapak kaki menempel dan lutut terbuka lebar agak menekuk (berbentuk berlian), jadi Anda bisa maletakkan bayi di atas sebuah selimut di antara kedua tungkai kaki Anda. Jika dirasa tidak nyaman, letakkan dia di pangkuan Anda. Pastikan dia merasa hangat, dan gunakan minyak murni dan lembut untuk melancarkan gerakan pemijatan Anda. Beberapa tips untuk memulai dari American Message Theraphy Association (mohon dicatat: lakukan pijatan dengan sifat perlahan-lahan dan dengan lembut namun mantap).



Peregangan

Sementara bayi telentang, pegang kedua kaki dan lututnya bersama-sama dan tempelkan lutut sampai perutnya. (Peringatan: Gerakan ini bisa membuat membuang gas). Selain itu, pegang kedua kaki dan lututnya dan putar dengan gerakan melingkar, ke kiri dan ke kanan, untuk melemaskan pinggulnya. Ini juga membuat menyembuhkan sakit perut.



Cara Pijat Kaki Bayi

Pegang kedua kaki bayi dengan satu tangan dan tepuk-tepuk sepanjang tungkainya dengan tangan yang lain. Usap turun naik dari jari-jari kakinya sampai ke pinggul kemudian kembali. Kemudian, pijat telapak kakinya dan tarik setiap jari-jemarinya. Gunakan jempol Anda untuk mengusap bagian bawah kakinya mulai dari tumit sampai ke kaki dan pijat di sekeliling pergelangan kakinya dengan pijatan-pijatan kecil melingkar.



Cara Pijat Perut Bayi

Gunakan ujung jari tangan Anda, buat pijatan-pijatan kecil melingkar. Gunakan pijatan I Love U. Gunakan 2 atau 3 jari, yang membentuk huruf I-L-U dari arah bayi. Bila dari posisi kita membentuk huruf I – L – U terbalik. Berikut tahapan memijat:

• Urut kiri bayi dari bawah iga ke bawah (huruf I)
• Urut melintang dari kanan bayi ke kiri bayi, kemudian turun ke bawah (huruf L)
• Urut dari kanan bawah bayi, naik ke kanan atas bayi, melengkung membentuk U dan turun lagi ke kiri bayi. Semua gerakan berakhir di perut kiri bayi.



Cara Pijat Lengan Bayi

Pegang pergelangan tangan bayi dengan satu tangan dan tepuk-tepuk sepanjang lengannya dengan tangaa yang lain. Pijat turun naik mulai dari ujung sampai ke pangkal lengan, kemudian pijat telapak tangannya dan tekan, lalu tarik setiap jari. Ulangi pada lengan yang lain.



Cara Pijat Punggung Bayi

Telungkupkan bayi di atas lantai atai di atas kedua kaki Anda dan gerak-gerakan kedua tangan Anda naik turun mulai dari atas punggungnya sampai ke pantatnya. Lakukan pijatan dengan membentuk lingkaran kecil di sepanjang tulang punggungnya. Lengkungkan jari-jemari Anda seperti sebuah garu dan garuk punggungnya ke arah bawah.



Cara Pijat di Kepala dan Wajah Bayi

Angkat bagian belakang kepalanya dengan kedua tangan Anda dan usap-usap kulit kepalanya dengan ujung jari Anda. Kemudian, gosok-gosok daun telingannya dan usap-usap alis matanya, kedua kelopak matanya yang tertutup, dan mulai dari puncak tulang hidungnnya menyeberang ke kedua pipinya. Pijat dagunya dengan membuat lingkaran-lingkaran kecil.

Sumber : Cara Melakukan Pijat Bayi - Bidanku.com http://bidanku.com/melakukan-pijatan-bayi#ixzz3mvz3rYuk





Cara dan Khasiat Pijat bayi

DokterSehat.com – Tak hanya orang dewasa saja yang butuh dipijat, ternyata bayi pun perlu dipijat. Sebuah penelitian membuktikan bahwa pijatan selama sepuluh hari pada bayi prematur yang dilakukan tiga kali sehari dapat meningkatkan berat badan mencapai 50 persen, bayi menjadi lebih aktif dan waspada. Selain itu, pijat bayi juga memiliki banyak manfaat seperti memperbaiki pola tidur, meningkatkan nafsu makan, merangsang syaraf motorik, dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya simak ulasan berikut ini: 1. Pijat Kaki

Pijatan pada kaki cocok untuk anak-anak yang sedang belajar berjalan karena pijatan bisa menguatkan otot dan saraf motorik kaki serta mengurangi rasa pegal setelah bayi belajar berjalan. Caranya, pegang pergelangan kaki lalu usap kaki dari pergelangan sampai pangkal paha. Lakukan perlahan dari bawah sampai atas tanpa putus.

2. Perut

Pijatan di perut dapat membantu mengatasi perut kembung dan susah buang air besar. Pijatlah bagian perut dengan gerakan membentuk huruf “I”, “L”, dan “U”. Mulailah dengan gerakan “I” yang tegak lurus dari rusuk bawah sebelah kiri sampai ke bawah perut. Lanjutkan gerakan “L” dari rusuk bawah sebelah kanan ke kiri kemudian turun ke perut bawah. Sementara gerakan “U” dari perut bawah bagian kanan naik ke atas lalu ke rusuk kiri dan berakhir di perut bawah sebelah kiri.

3. Dada

Sentuhan lembut di dada dapat membantu pernapasan bayi ketika sedang terkena flu atau batuk. Gerakan tangan ibu seprti kupu-kupu, letakkan berdampingan kedua telapak tangan ibu di tengah dada bayi. Kemudian gerakan memutar tangan ibu dari dalam ke luar.

4. Telapak kaki

Saat belajar berjalan telapak kaki menjadi topangan beban tubuh. Untuk meredakan rasa pegal setelah belajar berjalan, ibu bisa memijat di bagian telapak kaki. Caranya, gerakan tangan ibu memutar di bagian punggung kaki dari pangkal jari sampai ke pergelangan kaki. Pijat telapak kaki dengan gerakan memutar dari tumit sampai ke pangkal jari.

5. Punggung

Ketika terlalu lama digendong atau tidur di kasur dalam posisi yang sama tubuh bayi akan terasa pegal, terutama di punggung. Untuk merelaksasi punggung dan mengoptimalkan perkembangan tulang punggung bayi maka diperlukan pemijatan bagian punggung. Caranya, pijat punggung dari bokong lurus ke pundak dengan kedua telapak tangan yang digerakkan memutar dari dalam ke luar.

6. Tangan dan lengan

Pijatan lembut dibagain tangan dan lengan dapat memperlancar peredaran darah dan merangsang otot serta saraf motorik tangan anak. Lakukan pijatan dari pergelangan tangan sampai ke pangkal lengan atas atau bawah ketiak. Pijat perlahan dari bawah hingga ke atas.

7. Rahang

Pijatan pada daerah ini bermanfaat merangsang pertumbuhan gigi bayi. Lakukan pijatan dari rahang atas sampai ke dagu memutari mulut. Pijatan yang diterapkan pada bayi akan mendapatkan hasil yang optimal bila dilakukan dengan tepat dan aman. Sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum memijat bayi Anda.

1. Umumnya pijatan maksimal dilakukan selama 20 menit, tiap bagian dilakukan minimal 3 kali pijatan.
2. Pijat bayi berbeda dengan orang dewasa pada umumnya. Pada bayi pijatan cukup dilakukan dengan mengusap tubuh bayi. Jangan memijat bayi terlalu keras.
3. Usahakan memijat dengan minyak alami yang berasal dari tumbuhan atau buah untuk mengantisipasi bila bayi memiliki kebiasaan menghisap jari.
4. Sebaiknya pijatlah bayi sehabis mandi, jangan mandikan bayi setelah dipijat. Setelah dipijat suhu tubuh bayi akan meningkat dan pori-porinya pun akan lebih terbuka sehingga bayi berisiko masuk angin jika dimandikan setelah pijat.
5. Jangan pijat bayi Anda saat sedang sakit.
6. Sebelum dipijat cek dulu suhu tubuh anak. Suhu tubuh yang aman untuk dipijat adalah di bawah 37,5 derajad Celcius.

Sumber : http://doktersehat.com/cara-dan-khasiat-pijat-bayi/





Manfaat dan Cara Memijat Bayi

Pijatan lembut terbukti memberikan banyak manfaat baik bagi bayi, apabila dilakukan secara tepat dan rutin.

"Pijat bayi memberikan rasa rileks, meningkatkan kualitas tidur, memperbaiki nafsu makan dan membantu mengurangi insiden kolik pada bayi sampai usia 3 bulan."

Keuntungan Pijat Bayi

Ada banyak keuntungan yang diberikan oleh pijat bayi, tidak hanya untuk si Kecil saja, tetapi juga untuk Ibu dan Ayah. Pijat bayi terbukti membantu si Kecil, dalam beberap aspek. Antara lain:

• Perkembangan bayi secara fisik, mental, dan sosial.
• Menjaga agar si Kecil tetap rileks dan mengurangi stres
. • Tidur lebih nyenyak.
• Memperlancar sirkulasi darah.
Pijat bayi juga sangat dianjurkan untuk bayi prematur, terutama dalam:
• Menambah berat badan. Pijat menstimulasi saraf vagus yang menghubungkan otak dengan bagian penting tubuh. Stimulasi yang diberikan ke saraf tersebut dapat memperlancar pencernaan, membantu bayi untuk menambah berat badan.
• Kecepatan detak jantung yang lebih stabil.
• Kestabilan dalam kinerja otak.


Memijat bayi bisa memperbaiki mood Ibu dan membantu mengatasi depresi postnatal/ baby blues. Gerakan memijat menstimulasi Ibu dan si Kecil mengeluarkan hormon oksitoksin yang memberikan perasaan hangat dan bahagia, sehingga membuat Ibu dan buah hati lebih tenang dan jauh dari stres.

Persiapan Memijat

Waktu yang tepat untuk memijat bayi adalah saat si Kecil tidak terlalu kenyang dan tidak terlalu lapar. Bila si Kecil sedang dalam mood yang baik, ini merupakan waktu yang tepat untuk berinteraksi melalui pijatan. Memijat sebelum waktu tidur malam juga baik untuk menenangkan dan membuatnya rileks sebelum waktu tidur.

Beberapa hal yang perlu Ibu siapkan sebelum memijat:

• Ruangan yang nyaman dan bebas gangguan untuk melakukan aktivitas pijat bayi.
• Menyiapkan segala keperluan: krim/minyak pijat, handuk, baju ganti.
• Memainkan musik yang rileks untuk stimulasi.

Pastikan minyak/krim yang Ibu pakai untuk memijat bayi aman dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit. Minyak tumbuhan yang kaya akan asam linoleat seperti minyak safflower/saffron atau minyak biji anggur memiliki kandungan yang lebih aman untuk kulit bayi dibandingkan minyak zaitun yang kaya akan oleic acid. Untuk keamanan, Ibu bisa mencoba mengoleskan sedikit krim/minyak pada kulit bayi untuk melihat apakah ada reaksi tertentu dari kulit atau tidak. Lakukan uji coba ini sehari sebelumnya.

Cara Memijat Bayi

Ikuti langkah-langkah mudah memijat bayi di bawah ini sebagai panduan Ibu dalam memijat sang buah hati.
1. Sebelum memulai pijat, luangkan sedikit waktu untuk bermain, mengajak ngobrol, dan bercengkerama dengan bayi untuk membangun mood sang buah hati.
2. Tuangkan sedikit minyak/krim di kedua tangan Ibu dan gosokkan kedua tangan untuk menyalurkan panas tubuh.
3. Walau memijat bayi bisa dimulai dari mana saja, memulai pemijatan pada kedua kaki si Kecil lebih disarankan karena bayi terbiasa dengan sentuhan pada kakinya setiap kali mengganti popok bayi.
4. Lakukan pijatan yang lembut pada tubuh. Pijatan yang terlalu kuat akan menyakiti bayi dan pijatan yang terlalu lembut akan menggelitik si Kecil.
5. Gerakan pijatan dilakukan dari tengah tubuh ke luar, seperti dari bagian paha ke telapak kaki dan bagian pundak ke telapak tangan. Tidak ada jumlah pengulangan yang pasti untuk gerakan pijatan.
6. Perhatikan tanda-tanda dari si Kecil. Biasanya anak akan memberikan tanda apabila dia merasa nyaman dan saat dia ingin menyudahi sesi pijatan.


Beberapa gerakan pijatan yang bisa Ibu terapkan pada sang buah hati:

1. Gerakan memeras, yaitu gerakan menggenggam tangan dan kaki si Kecil dan memerasnya perlahan dengan lembut.
2. Gerakan membelah, yaitu gerakan yang dilakukan pada dada, perut dan punggung bayi, di mana kedua tangan Ibu diletakkan di tengah tubuh dan membelah ke arah luar.
3. Gerakan tuas, yaitu gerakan yang dilakukan dengan telentang, lalu menggerakkan kedua kaki ke atas dan tekuk secara lembut seperti posisi menaiki sepeda. Lakukan hal yang sama pada kedua tangan buah hati.


Sumber:
- Bal Yılmaz, H., & Conk, Z. International Journal of Human Sciences, 2009; 6, 969-977.
- Brandt, K. A., Andrews, C. M., & Kvale, J. Journal of Obstetric, Gynecologic, and Neonatal Nursing, 1998; 27, 169-174.

Sumber : http://www.nutriclub.co.id/kategori/bayi/rutinitas-bayi/manfaat-dan-cara-memijat-bayi



Created & Supported by

Mr MOMON

http://momoncomputer.blogspot.com/


Pijat nifas, Pijat Batam, Massage Batam, Spa Batam, Lulur Batam, Pijat Bayi Batam, Baby Massage Batam, Pijat Anak Batam, Kids Massage Batam, Pijat Ibu Hamil, Pregnant Woman Massage, Turun Peranakan, Turun Bero, Masuk Angin, Capek, Lelah, Penat, Migren, Migrain, Susah Punya Keturunan, Susah Hamil, Pijat Sebelum Melahirkan, Pijat Setelah Melahirkan, terkilir, keseleo, kesleo, salah urat, pijat bersalin, birth massage, bunting, hamil, wanita, perempuan, girl, woman, kids, child, children, bayi, baby, children, kanak-kanak, infant,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar